Senin, 21 Mei 2012

Pulau Nipah, Armada Amerika, dan Armada China


Pulau Nipah sebelum reklamasi

Kapal niaga raksasa hilir mudik dan lego jangkar di perairan sebelah barat Singapura di dekat Pulau Nipah, Kepulauan Riau, awal Mei. Pulau seluas 3,6 hektar itu hanya menjadi pos TNI. Antrean panjang kapal jurusan Singapura yang membutuhkan pasokan logistik tidak dilihat sebagai peluang niaga.

Hanya Pos TNI Angkatan Laut yang berdiri di sana, dijaga satu kompi (60 personel) Marinir. Berry dan Yudho adalah dua prajurit Marinir yang berjaga dengan senapan mesin berat 12,7 milimeter menghadap ke arah Singapura.

Siang hari, mereka mengaku kerap melihat pesawat Singapura terbang di dekat wilayah Indonesia. Malam hari, mereka melihat gemerlap di kawasan Singapura, penanda modernitas dan majunya pembangunan.

”Sinyal telepon seluler di sini dari Singtel. Mahal sekali. Kadang dapat sinyal dari Malaysia. Pulsa dari operator Indonesia langsung tersedot,” ujar Berry.

Sebelum diperhatikan, Pulau Nipah nyaris tenggelam. Karena nilai strategisnya sebagai salah satu pulau terluar, Pulau Nipah direklamasi. Presiden Megawati Soekarnoputri menjejakkan kaki di prasasti tahun 2004. Setelah itu, tidak lagi terdengar pengembangannya.

Padahal, kawasan di ujung selatan Selat Malaka itu merupakan salah satu jalur perdagangan dunia. Pedagang Eropa-Asia Timur dan pengiriman minyak dari Negara Teluk ke Asia Timur pasti melewati kawasan itu. Posisi Singapura sebagai pelabuhan dengan fasilitas modern dan layanan jasa terbaik menjadi daya tarik pebisnis seluruh dunia.
”Pagar kedaulatan”

Melihat kawasan di sekitarnya, terutama Singapura, pemerintah mengubah cara pikir. Dalam kunjungannya ke Pulau Nipah, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kawasan tersebut akan dijadikan pusat logistik bagi kapal-kapal yang antre masuk Singapura.

”Pertumbuhan ekonomi dimanfaatkan untuk menjaga pulau-pulau terluar. Disediakan fasilitas pengisian bahan bakar 5 juta liter per bulan di Pulau Nipah yang akan direklamasi hingga 40 hektar. Fasilitas pendukung lain akan disiapkan. Kapal yang mengisi logistik akan merasa aman karena ada prajurit TNI AL dan TNI AD yang menjaga keamanan. Kita sedang menunggu izin Kementerian Keuangan untuk mewujudkan rencana tersebut,” ujar Purnomo.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo menambahkan, selain fasilitas logistik, Pulau Nipah juga akan menjadi etalase perikanan Indonesia. Pengusaha Singapura bisa membeli beragam jenis ikan di Pulau Nipah.

Sharif dan Purnomo bertekad menjadikan Pulau Nipah bernilai secara ekonomi.

Purnomo belum memastikan apakah Pulau Nipah akan menyediakan fasilitas logistik pula bagi armada Amerika Serikat dan Republik Rakyat China yang selama ini memanfaatkan fasilitas itu di Singapura. Nilai ekonomi dan hubungan strategis didapat Singapura karena menyediakan sarana logistik bagi AS dan China yang sedang bersaing di Pasifik dan Laut China Selatan itu.

Singapura mampu memanfaatkan peluang itu untuk kepentingan nasionalnya. Indonesia memang bersikap netral, tetapi bukan berarti tidak bisa memanfaatkan kekuatan militer AS dan China demi kepentingan nasional Indonesia. Setidaknya keuntungan ekonomis bisa didapat dari Pulau Nipah jika peluang ekonomi ini digarap.

Politisi Ganjar Pranowo dalam diskusi masalah perbatasan RI di Fraksi PDI-P menegaskan, perbatasan memang harus dijaga dengan ”kedaulatan dan pagar ekonomi”. Membangun aktivitas ekonomi di perbatasan dan pulau terluar adalah pemikiran cerdas. Untuk pemikiran, kita tidak kekurangan. Sebelumnya, perbatasan juga diwacanakan sebagai halaman depan. Selanjutnya?(Iwan Santosa)

2 komentar:

  1. krn pulau nipah akan dijadikan benteng terluar, saya menyarankan 1 kompi masih kurang bpk menhan, kalau duku saya pernah menyarankan utk ditempatkan sekitar 120 atau 150 personil, saya pikir, di pulau nipah perlu ditempatkan 400 personil, utk menjaga pulau terluar yang lautnya berbatasan dng laut china selatan, sediakan 15 unit truk dng peluncur S300 lengkap dng truk pengangkut radar, pulau nipahnya diperluas sampai luasnya menjadi 100 Ha, dibautkan mess utk personil kita, dibangun mercu suar, dibangun bandara utk pesawat patroli, pelabuhan utk pangkalan selam indonesia, dan pelabuhan utk kapal perang, tempatkan 80 Unit MLRS Astros II, ditempatkan senapan anti serangan udara, panser tarantula, alteleri, sepeda motor patroli, dibangun tempat olahraga bagi personil, dibangun klinik dng 10 tenaga dokter dan 30 tenaga medis di luar dari 400 personel tentara, ditempatkan 10 unit UAV yg dipersenjatai, ditempatkan iron dome, ditempatkan 10 kapal perang dng SAM Yakhont dng sistem yg terintegrasi dlm kapal, meriam anti serangan udara otomatis dan yang terintegrasi dlam kapal yang berada di bagian depan, samping kiri dan samping kanan serta di bagian belakang kapal, ditempatkan 6 kapal kapal patroli, diadakan dan ditempatkan 8 unit pesawat SU famili, dibangun bungker utk menyimpan BBM, logistik, obat2 utk keperluan medis, alat komunikasi dan persenjataan serta amunisi dan 4 unit kapal patroli yang diangkut mobil pengangkut yangs semuanya cadangan, dibangun hutan bakau dan tanaman buah2an dan sayuran serta ketapang supaya tdk panas, dibangun waduk tadah hujan dan tandon sebanyak 200 unit, dibangaun jaringan listrik dng tenaga surya dan tenaga arus air serta tenaga angin sebagai sumber energi, dibangun beberapa bangsal utk tempat karaoke dan permainan sbg hiburan di saat personil tdk bertugas apy tdk stress, dibangun kebun binatang mini spy tentara tdk stress lihat laut dan kapal serta pesawat yg lewat serta jauh dr keluarga.

    BalasHapus
  2. di pulau nipah tempatkan 7 unit heli angkut, pesawat angkut 2 unit, 8 unit hei serang dan serbu, dibangun restoran oleh penduduk dng cara mengundang investor dr daerah lain di indonesia utk buka restoran, ditempatkan 6 unit truk pengangkut, dan panser dng mechine gun otomatis yg terintegrasi, dibangun tempat pelelangan ikan, dibangun pos imigrasi dan pos bea cukai serta pos KP3 dan Pos perwakilan Angkatan laut, dibangun menara komunikasi dlm negeri, dibangun pangkalan rudal.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...