Minggu, 06 Mei 2012

Pulau Nipah Jadi Model Pengembangan Pulau Terluar

Pulau Nipah
REPUBLIKA.CO.ID, BATAM – Pemerintah akan menjadikan Pulau Nipah, salah satu pulau di Kepulauan Riau, menjadi model bagi pengembangan pulau- pulau terluar. Pulau ini memiliki potensi tidak hanya untuk kepentingan pertahanan dan keamanan tetapi juga kepentingan ekonomi.

Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, saat berkunjung bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo, akhir pekan lalu ke Pulau Nipah mengatakan, pengembangan Pulau Nipah khususnya adalah kebijakan defence supporting economy (pertahanan mendukung ekonomi).

Menteri Pertahanan mengatakan, kebijakan dari pengelolaan perbatasan dan pulau terluar, bisa dibilang perubahan paradigm. Dimana daerah perbatasan dan pulau terluar yang tadinya hanya ditangani oleh sektor keamanan nantinya juga akan dikembangkan untuk sektor ekonomi. "Itu  akan meningkatkan ketahanan nasional," ujar Purnomo dalam pernyataan persnya, Ahad (6/5).

Menhan berharap, adanya pemanfaatan pulau terluar seperti Pulau Nipah untuk kegiatan ekonomi, diharapkan nanti akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi negara. Khusus untuk pulau Nipah, Menhan mengatakan, Kemenhan akan mendukung penuh road map atau blue print pengembangan Pulau Nipah yang sebagian wilayah ekonominya yang telah disiapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun Kemenhan juga minta sebagian tetap dipertahankan untuk wilayah pertahanan dan keamanan.

Menhan didampingi Wakasal Laksdya TNI Marsetio, Pangarmabar Laksda TNI Didit Herdiawan, dan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Alfan Baharudin. Sebelum ke Pulau  Nipah, Menhan dengan menggunakan heli Bell TNI AL, terlebih dahulu mengunjungi Pulau Karimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...