Selasa, 27 November 2012

Polisi Tewas Ditembak Saat Menaikkan Merah Putih

fotoJakarta - Penyerang Markas Kepolisian Sektor Perima, Kabupaten Luni Jaya yang menewaskan tiga polisi diperkirakan 10 orang. Saat serangan, Selasa subuh, 27 November 2012, ada empat polisi di markas itu.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, satu di antara korban tewas adalah Brigadir Satu Jefry Rumkoren. Saat serangan, Jefry hendak menaikkan bendera merah putih.

Penyerangan Polsek Perima terjadi Selasa subuh. Serangan itu menewaskan tiga polisi termasuk Kepala Polsek Inspektur Satu Rolti Takubesi (48 tahun). Dua polisi lagi adalah anak buahnya: Jefry, dan Brigadir Satu Daniel Makuker.

Akhirnya Jefri dan dua polisi lainnya tewas. Ketiganya tewas karena luka tembak, kecuali Kapolsek yang juga luka bakar. Seorang rekannya berhasil menyelamatkan diri.

Para penyerang juga membakar prasarana kantor Polsek dan merampas senjata milik korban seperti dua senjata api laras panjang dan satu pistol jenis revolver milik Kapolsek.

Boy mengatakan kelompok penyerang belum teridentifikasi. Dia menduga kuat mereka adalah gerombolan senjata. Tetapi, Boy tidak berani memastikan mereka dari Organisasi Papua Merdeka.

"Segala sesuatu bisa saja, tetapi yang jelas faktanya seperti itu. Mereka menggunakan senjata api, dan melakukan penyerangan bukan hanya mencederai dan membunuh, membakar, tapi juga merampas senjata api," kata Boy.

Gerombolan menyerang Mapolsek Perime. Tiga polisi tewas jasad dibakar.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, mengatakan aksi penyerangan Markas Polsek Perime, Kabupaten Lany Jaya, Papua, dini hari tadi bermotif perampasan senjata. Polisi menuding aksi penyerangan yang berujung tewasnya tiga polisi itu dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Kita tahu kalau orang-orang memerlukan senjata api untuk  melakukan penyerangan dan aksi kekerasan lainnya," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 27 November 2012.

Boy mengatakan, aksi penyerangan kantor polisi di Papua sudah berulang kali terjadi. Penyerangan itu terjadi dengan mudah karena faktor geografis dan kurangnya personel yang berjaga. "Upaya ini umumnya dilakukan secara sporadis dan mereka melarikan diri di daerah-daerah yang sulit dijangkau," kata dia.

"Ini di dataran tinggi yang tidak mudah untuk dilakukan pengejaran-pengejaran. Sementara personel kami jumlahnya minim, rata-rata masih di bawah 30 orang," Boy menambahkan.

Dalam penyerangan yang menyebabkan tewasnya Kapolsek Pirime, Ipda Rolfi Takubesi (48), setidaknya ada satu anggota polisi yang berhasil menyelamatkan diri. Penyidik kepolisian akan mendalami kesaksian polisi yang berhasil kabur ini.

"Dia kewalahan menghadapi penyerangan yang jumlahnya cukup besar, paling tidak di atas 10 orang," jelasnya. Namun, Boy tidak menjelaskan identitas polisi yang berhasil menyelamatkan diri ini.

Berdasarkan keterangan sementara, kelompok penyerang ini langsung menghamburkan tembakan secara membabi buta. Polisi yang berada di Mapolsek Perime memberikan tembakan balasan, namun tidak mampu mengimbangi kekuatan para penyerang. Tiga polisi tewas, para pelaku membakar jasadnya.(umi)

1 komentar:

  1. siapapun pelakunya mreka adalah binatang sungguh kejam. Kalau sdh begini bagaimana? Prlukah digelar omp? Mngingat smakin hr smakin bnyak bunga bangsa yg gugur disna. Wahai pmerintah ambil lh tindakn hukum yg smestinya. Gelarlah omp scara mnyeluruh. Tentu dgn kualitas tni yg smakin profesional akan brdampak pd minimnya pelanggaran ham. Jgn perdulikn tanggapn dunia international trutama negara2 barat. Mrekalah sbnar-bnr'a pelanggar berat ham. NKRI HARGA MATI.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...