Sabtu, 16 Maret 2013

Paskhas Latihan di Perairan Laut Cina Selatan

 Korpaskhas
Singkawang SEBANYAK 15 orang prajurit Tim Sar Tempur Batalyon 465 Paskhas TNI AU melaksanakan latihan menyelam dan penyelamatan terhadap penyelam yang mengalami masalah di Perairan Laut Cina Selatan, Singkawang, Jumat (15/3).

Latihan ini dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon 465 Paskhas, Letkol Psk Soleh dan Pgs. Pasi Ops Lettu Psk Irie Setianto serta Instruktur selam dari Inhasa Diving Club (IDC) Pontianak, Sigit Sugiandi.

Menurut siaran pers Dispenau yang diterima Jurnal Nasional, latihan selam ini dibagi menjadi tiga sesi. Pada pagi hari latihan selam dilaksanakan di perairan pulau Lemukutan, Singkawang. Sesi ini sebagai pengenalan menyelam di laut bebas guna membiasakan diri dan beradaptasi dengan air laut.

Pada kesempatan ini, Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Soleh beserta anggota tim SAR tempur Yon 465 Paskhas menyelam di dasar Laut Cina Selatan.

Pada sesi kedua yaitu siang harinya dilaksanakan kegiatan latihan penyelamatan dan pertolongan terhadap penyelam yang panik ketika akan menyelam. Tim SAR memberikan pertolongan terhadap penyelam yang pingsan di dalam laut.

Sedangkan sesi ketiga, yaitu latihan menyelam pada malam hari di perairan Pulau Penata Besar Singkawang, Kalimantan Barat.

Komandan Batalyon 465 Paskhas menjelaskan latihan selam ini bertujuan untuk melatih kemampuan dan ketrampilan para prajurit tim SAR Tempur Batalyon 465 Paskhas dalam menyelam agar mampu mencari, menemukan alutsista yang tenggelam atau hilang dan menyelamatkan korban di lautan bebas.

Selain itu, latihan ini juga dimaksudkan untuk melatih prajurit Paskhas dalam melakukan infiltrasi ke daerah sasaran musuh melalui media air atau lautan.

  ● Jurnas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...