Kamis, 17 Oktober 2013

Timor Leste Disebut Langgar Kesepakatan Perbatasan

Timor Leste Disebut Langgar Kesepakatan Perbatasan
Perbatasan RI - Timor Leste di Motamasin
Kupang - Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Eduard Gana menilai pemerintah Timor Leste melanggar kesepakatan terkait batas antara kedua negara sehingga memicu bentrok di Dusun Sunsea, Desa Nelu, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sejak Rabu lalu. "Sudah ada kesepakatan bahwa tidak ada pembangunan apa pun di daerah perbatasan. Tapi kesepakatan tersebut dilanggar oleh Timor Leste," kata Edu Gana kepada Tempo di Kupang, Kamis, 17 Oktober 2013.

Bentrokan antara warga Dusun Sunsea dengan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan Kota, Distrik Oekusi, Republik Demokratic Timor Leste (RDTL), dipicu oleh pembangunan jalan yang dikerjakan pemerintah Timor Leste di zona bebas.

Menurut Edu, warga Dusun Sunsea menutup akses jalan antar kedua negara. Saat itu warga Distrik Oecuse melakukan penyerangan dengan membawa senjata tajam. Aksi saling serang pun tak terhindarkan. Bentrok terjadi selama tiga hari, yakni 12-15 Oktober 2013.

Pemerintah Provinsi NTT, kata Edu, belum mengambil langkah penyelesaian terkait bentrok antar warga di perbatasan negara itu. "Kami hanya minta agar warga Nelu menahan diri sehingga bentrokan tidak berkepanjangan," ujar dia.

Edu menjelaskan, penyelesaian masalah tersebut hanya bisa dilakukan melalui pendekatan budaya. Di antaranya dengan mempertemukan tokoh masyarakat dan pemerintah kedua negara.

Dia juga memaparkan, sebenarnya di Kabupaten Timor Tengah Utara hanya menyisakan dua titik batas yang dipersoalkan, yakni di Desa Citrana, Kecamatan Oben dan Haumeni Ana. Namun, tidak terjadi pertikaian. Justru di Desa Nelu muncul masalah. "Ini masalah baru," ucapnya.

Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Kapten (Inf) Abdul Samad membantah terjadi bentrok antar warga di perbatasan kedua negara. "Tidak terjadi bentrok. Kalau ada bentrok, pasti ada korban," tuturnya.

Sebelumnya, pertikaian warga di perbatasan RI-Timor Leste dipicu sengketa lahan. Warga Nelu, yang masuk wilayah Indonesia, dan warga Leolbatan, Distrik Oekusi, Republik Demokratic Timor Leste, saling mengklaim danah yang digunakan untuk pembangunan jalan tersebut sebagai milik mereka. Kedua kelompok warga tersebut sebenarnya masih berkeluarga. Warga Nelu melakukan penghadangan karena jalan tersebut melewati pekuburan warga Desa Nelu. Selain itu, telah memasuki wilyah Indonesia sejauh 500 meter.

Warga Perbatasan RI dan Timor Leste Saling Serang

Warga Perbatasan RI dan Timor Leste Saling SerangWarga Dusun Sunsea, Desa Nelu, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis, 17 Oktober 2013, saling serang dengan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan Kota, Distrik Oekusi, Republik Demokratik Timor Leste. Penyebabnya adalah sengketa lahan di perbatasan kedua negara.

"Pertikaian antar warga di perbatasan negara itu dipicu oleh pembangunan jalan oleh pemerintah Timor Leste di wilayah zona bebas," kata Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Kapten Abdul Samad kepada Tempo.

Menurut Samad, lahan di batas kedua negara yang terletak di Desa Nelu masih diklaim oleh warga di kedua negara yang masih berkeluarga itu sebagai milik mereka. Pembangunan jalan yang menuju ke Desa Nelu dihadang oleh warga karena telah memasuki wilayah Indonesia sejauh 500 meter.

Bahkan, melewati pekuburan warga Desa Nelu, sempat terjadi ketegangan. Untungnya ketegangan itu bisa diredam. ”Memang sempat terjadi ketegangan, tapi tidak sampai bentrok,” ujar Samad.

Ia menuturkan, aparat Satgas Pamtas telah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk menjaga agar tidak terjadi bentrokan. "Anggota saya sudah mengamankan lakasi,” ucap dia. Anggota Satgas Pamtas juga melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak terpancing emosi yang bisa berbuntut bentrokan. "Serahkan masalah ini kepada negara untuk diselesaikan."

  Tempo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...