Minggu, 05 April 2015

KRI Banda Aceh 593 Dipilih Sebagai Kapal Komando Ekspedisi Nusantara Jaya 2015

imageKRI BAC-593 latihan bersama Kapal Brunei [Antara]★

Pangkolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia saat ditemui Jurnal Maritim di kantornya, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta beberapa hari lalu menuturkan bahwa Kolinlamil akan terlibat dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2015. KRI banda Aceh-593 rencananya akan menjadi kapal markas dalam ekspedisi tersebut.

“KRI BAC-593 yang akan menjadi kapal markas atau pusat pengendalian berlangsungnya Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 ini, dan itu nanti sudah ada anggota kami yang mengatur itu semua,” ujar Aan.

KRI BAC-593 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Arief Budiman ini merupakan buatan PT. PAL Indonesia yang sudah melanglangbuana menjalankan operasi baik dalam dan luar negeri.

Ekspedisi yang berlangsung bulan Juni 2015 nanti direncanakan keberangkatannya pada akhir Mei. Pangkolinlamil menyampaikan ekspedisi ini akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo dari Kolinlamil dengan iring-iringan kapal lainnya.

“Ekspedisi ini akan dilepas oleh Presiden Jokowi dan ekspedisi ini juga dalam rangka mengunjungi daerah-daerah di Indonesia sekaligus membawa kebutuhan yang diperlukan oleh daerah. Nanti kita harapkan 1 atau 2 minggu sebelum Hari Raya dapat terpenuhi kebutuhan-kebutuhan daerah,” tambahnya.

Ekspedisi yang bekerjasama dengan Kemenko bidang Kemaritiman ini merupakan ekspedisi yang membatu program pemerintah dengan visi tol laut-nya untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi antara Indonesia bagian barat dan timur.

Menurut Pangkolinlamil, visi itu juga sesuai dengan peran Kolinlamil selaku Kotama Operasional yang bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Di akhir penyampaiannya, Pangkolinlamil berharap pada setiap komunitas untuk dapat berpartisipasi dalam pelayaran ini sekaligus meminta kepada Jurnal Maritim untuk turut mensosialisasikan dan mendata peserta dari komunitas-komunitas maritim yang berminat dalam ekspedisi ini.

“Mungkin untuk koordinator pendaftaran nanti bisa dari Jurnal Maritim yang mendata kemudian dimohonkan kepad Bapak Kasal. Nanti setiap komunitas bisa mengirimkan beberapa delegasinya untuk ekspedisi ini,” pungkasnya.

  JMOL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...