Jumat, 17 Juli 2015

Besarkan Lanal Sorong, TNI AL Rombak Struktur Operasional

Lantanal Sorong menjadi Markas Komando Armada IIIKSAL Laksamana TNI Ade Supandi memberikan pengarahan kepada para delegasi dalam pembukaan pertemuan perencanaan awal dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Multilateral Komodo 2016 di Jakarta, Senin (15/6). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi mengatakan, institusinya sedang meningkatkan status Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sorong, Papua Barat, menjadi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantanal). Menurutnya, kedepan Sorong tidak hanya akan menjadi Lantanal tapi juga Markas Komando Armada III.

Ade memaparkan, perubahan status Lanal Sorong merupakan bagian tak terpisahkan dari rencana TNI AL merombak struktur operasional mereka.

Sesuai dengan rencana pengembangan kekuatan periode 2005 hingga 2024, TNI AL akan merombak dua komando utama (kotama) pada matra mereka.

Ade menuturkan, lembaganya berencana menyatukan Komando Armada Barat (Koarmabar) dan Komando Armada Timur (Koarmatim) di bawah koordinasi Komando Armada Republik Indonesia. Nomenklatur dua komando tersebut dikembalikan ke aturan yang pernah ada sebelumnya.

Di bawah Komando Armada RI, nanti ada komando armada bernomor, yaitu Armada I di kawasan Barat, Armada II di tengah dan Armada III di wilayah timur. Ini persis seperti nomenklatur pada US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat), ada third fleet, fourth fleet, sampai seventh fleet,” ujarnya saat dijumpai di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (15/7).

Ade menjelaskan Komando Armada RI nantinya akan bermarkas di Surabaya, menempati markas yang selama ini ditempati Koarmatim. Alasannya, Surabaya memiliki fasilitas terbesar dan terlengkap, termasuk untuk urusan pemiliharaan.

Sebagaimana diketahui, hampir sebagian besar kekuatan TNI AL ditempatkan di ujung timur laut Pulau Jawa itu.

Komando Armada I ke depan akan bermarkas di Jakarta sedangkan Komando Armanda II dipindahkan ke Makassar. Sementara itu, Komando Armada III akan bertempat di Sorong. Ade berkata, pembangunan Mako Armada III akan menjadi salah satu prioritas TNI AL tahun depan.

Belum kami masukkan ke RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga). Ini juga akan berkaitan dengan perpres. Sekarang masih dalam proses sehingga tidak kami ajukan ke RKA-KL 2015. Nanti akan ada revisi atau kami ajukan tahun 2016,” ucapnya.

Tidak hanya soal Lantamal dan Komando Armada III, Sorong nantinya juga akan menjadi markas bagi Pasukan Marinir (Pasmar) 3. Ini merupakan pemekaran Korps Marinir yang selama ini sudah memiliki dua Pasmar, yakni Pasmar 1 di Cilandak, Jakarta dan Pasmar 2 di Sidoarjo, Jawa Timur. (meg)

   CNN  
 Minal Aidin Wal Faidzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 2015 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...