Selasa, 23 Mei 2017

[Dunia] Korsel Tembaki Drone Asing

♜ Di Perbatasan Korut ♜ Suasana di perbatasan Korsel dan Korut (detikcom/Aji Surya)

Militer Korea Selatan (Korsel) melepas tembakan peringatan ke sebuah objek diduga drone yang mengudara di perbatasan dengan Korea Utara (Korut). Sedikitnya 90 tembakan dilepaskan militer Korsel ke arah objek itu.

Disampaikan militer Korsel, seperti dilansir Reuters, Selasa (23/5/2017), identitas objek yang terbang dari wilayah Korut itu belum diketahui pasti. Namun kantor berita Yonhap menyebut, objek itu kemungkinan besar sebuah drone atau pesawat nirawak.

Yonhap melaporkan, lebih dari 90 tembakan dilepaskan dari senjata mesin Korsel ke arah objek itu, juga ke arah Korut. Puluhan tembakan itu dimaksudkan sebagai peringatan. Setelah tembakan dilepaskan, objek itu menghilang dari radar.

Insiden ini terjadi saat ketegangan di Semenanjung Korea semakin tinggi. Terlebih, Korut baru saja menggelar uji coba rudal balistik terbaru pada Minggu (21/5) waktu setempat.

Militer Korsel tidak menyebut lebih lanjut apakah objek itu terkena tembakan peringatan yang dilepaskan Korsel, atau terbang kembali ke wilayah Korut. Hanya disebutkan bahwa objek tak teridentifikasi itu tiba-tiba menghilang dari radar militer.

"Pihak militer terus mengamati Korut dengan ketat dan dalam kondisi waspada tinggi," demikian pernyataan militer Korsel seperti dilansir AFP.

Diketahui bahwa sebelumnya Korut pernah mengirimkan sejumlah drone ke wilayah udara Korsel, dengan beberapa drone di antaranya jatuh dan hancur. Pada Januari 2016, Korsel melepas tembakan peringatan ke sebuah objek diduga drone yang akhirnya terbang kembali ke Korut. (nvc/ita)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...