Selasa, 30 Juli 2019

Indonesia, Malaysia dan Filipina Gelar Latihan Perang

Di TarakanPrajurit Yonif Raider 613/RJA mempersiapkan diri untuk pembukaan Indomalphi Land Exercise 2019, Minggu (28/07/2019). (Prokal)

Latihan perang tiga negara, Indonesia, Filipina dan Malaysia kembali digelar di Tarakan mulai hari ini hingga 8 Agustus mendatang.

Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 613/Raja Alam Letkol Inf Fardin Wardana menjelaskan, latihan perang tiga negara ini merupakan inisiasi Menteri Pertahanan masing-masing negara.

Latihan berlabel Indomalphi Land Exercise 2019 tersebut digelar dalam rangka melatih kesiapsiagaan mengantisipasi gangguan keamanan di perbatasan negara. Seperti teroris maupun kelompok radikal.

Indonesia sebagai tuan rumah, kata Fardin, telah mempersiapkan pelaksanaan. Selain menjadikan Tarakan sebagai tempat latihan yang dipusatkan di Mako Yonif Rider 613/RJA, Indonesia juga telah mempersiapkan alutsista yang akan digunakan untuk latihan.

Termasuk senjata jenis baru yang dikeluarkan pabrikan dalam negeri, Pindad. Indonesia kemungkinan diwakili prajurit dari Yonif Raider 613/RJA. Menurut Fardin, sebelum di Tarakan, latihan serupa sudah digelar tahun-tahun sebelumnya di negara lain seperti Bangkok maupun Manila. Sementara, di Indonesia pernah digelar juga di Tarakan, serta di Malang khusus latihan sniper.

Selain Angkatan Darat, latihan serupa tiga negara ini juga dilaksanakan di jajaran Angkatan Laut. Dan, akan menyusul latihan bersama untuk Angkatan Udara.

  ✈️ Prokal  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...