Rabu, 30 September 2020

Mengintip Kekuatan Alutsista Satuan Angkatan Air Pusbekangad

  Anggota Satangair Pusbekangad saat berjaga di berjaga di atas Kapal ADRI L saat memperkenalkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal ADRI L merupakan alutsista terbaru dari SATANGAIR (Satuan Angkutan Perairan) PUSBEKANGAD (Pusat Pembekalan Angkutan TNI Angkatan Darat) yang dkhususkan untuk mengangkut Tank Leopard latihan ke luar pulau Jawa.

Saat ini Satuan Angkutan Perairan Pusat Pembekalan Angkutan TNI Angkatan Darat (Satangair Pusbekangad) memiliki 3 kapal Angkatan Darat Republik Indonesia (ADRI) yaitu, ADRI 50, ADRI 51 dan ADRI 52. Ketiga jenis ini merupakan jenis kapal pengangkut logistik yang memiliki berat 1.500 Dead Weight Tonnage (DWT) yang memiliki kapasitas untuk mengangkut 6-8 unit Tank Leopard.

Satangair bertugas pokok menyelenggarakan jasa angkutan perairan dalam rangka mendukung tugas pokok Pusbekangad. Selain Kapal ADRI, Satangair juga memiliki sejumlah kendaraan taktis.

Satangair Pusbekangad memiliki 14 kapal dari kelas 150 DWT hingga 1500 DWT. Selain itu Satangair juga memiliki Kompi Pendarat Taktis seperti 15 unit Landing Craft Rubber (LCR), 2 unit RIB, 5 unit KMC, 1 unit perahu rawa, 4 unit ALC, 2 unit Hover Craft dan 4 unit Jet Sky FZ R. Sedangkan untuk Kompi Harjasa, Satangair Pusbekangad memiliki 2 unit Tug Boat dan 1 unit kapal LCM. (sra)


Sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...