Selasa, 25 Juli 2023

Enam Pesawat Tempur Rafale & Rombongan Militer Prancis Mendarat di Jakarta

Misi Pegasus 2023 Pesawat tempur Rafale Angkatan Udara Prancis. (Dok. Instagram @militer.udara)

Sebanyak 6 pesawat tempur generasi empat dari Prancis, Rafale mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (24/7).

Pendaratan enam unit pesawat canggih yang sedang di gadang-gadang untuk di beli oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini.

Memperkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia, Pesawat AU Prancis Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Senin (24/7/2023).

Mendarat di Jakarta, setelah menyelesaikan misi proyeksi kekuatan jarak jauh di zona Indo-Pasifik (Misi Pegase 2023).

Sepaket dengan kedatangan enam pesawat tempur Rafale, ada pesawat-pesawat pendukung dari Angkatan Udara Prancis atau France Air and Space Force (FASF) yang ikut mendarat di Indonesia.

Belasan pesawat Angkatan Udara Prancis akan mendarat secara bertahap di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Mengutip instagram pusat penerangan TNI AU, rombongan pertama telah tiba dan disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman di Apron Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusumah, Senin (24/7/2023).

Pesawat tanker A330 MRTT Angkatan Udara Prancis. (Dok. Instagram @militer.udara)
Romobongan pesawat militer yang akan mendarat di Halim Perdanakusuma Jakarta terdiri dari enam unit pesawat tempur Rafale, empat pesawat angkut Airbus A-400M, dan tiga pesawat tanker A-330MRTT.

Rombongan militer udara Prancis ini merupakan bagian dari kerjasama antara TNI AU dan AU Prancis.

Kegiatan ini sekaligus kelanjutan dari persinggahan misi Jeanne d’Arc 23 dan latihan Garuda Guerrier, serta pemberdayaan industri aeronautika pertahanan Prancis.

Rencananya rombongan Angkatan Udara Prancis ini akan berada di Indonesia selama sepekan.

AU Prancis akan melaksanakan sejumlah kegiatan bersama dengan TNI AU.

Salah satunya mengagendakan hari kunjungan kalangan pers Indonesia untuk menyaksikan pesawat-pesawat Prancis (Rafale, A-400M dan A-330 MRTT) di Apron Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu 26 JuIi 2023.

Pada kesempatan tersebut, para wartawan dapat melihat pesawat-pesawat Angkatan Udara Prancis yang terparkir maupun yang akan terbang dan juga dapat berinteraksi dengan personel AU Prancis atau personel TNI AU.

 
Kontan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...