Minggu, 23 Juli 2023

Panglima TNI Bicara Kerja Sama dan Undang Saksikan Latma di Natuna

Kunjungi Thailandhttps://asset-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/yudo-margono-di-thailand.jpgPanglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Jenderal Chalermphon Srisawasdi di Thailand pada Jumat (21/7/2023). (Puspen TNI)

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Jenderal Chalermphon Srisawasdi di Thailand pada Jumat (21/7/2023).

Selain untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, kunjungan itu juga merupakan Introductory visit yang merupakan bagian dari diplomasi militer.

Introductory Visit merupakan kunjungan untuk saling memperkenalkan diri dan menjalin komunikasi lebih baik di antara dua pihak.

Kegiatan tersebut dinilai sangat penting dan diperlukan terutama dalam keberlangsungan hubungan militer antar negara yang harmonis dan sinergis.

Setibanya di Thailand, Yudo beserta rombongan diterima dalam suatu upacara jajar kehormatan dan disambut langsung oleh Jenderal Chalermphon beserta stafnya.

Saat pertemuan, Yudo membahas berbagai isu terkait situasi yang sedang berkembang saat ini dan peningkatkan keja sama militer di antara dua pihak yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Dalam pertemuan itu juga dibahas di antaranya soal peningkatan kerja sama militer antara TNI dan Royal Thailand Armed Forces (RTAF) dalam berbagai bentuk misalnya intelijen, operasi dan latihan, serta pendidikan.

Kerja sama bilateral militer tersebut adalah usaha TNI guna menciptakan stabilitas dan reliabilitas keamanan kawasan agar negara-negara di kawasan dapat terus tumbuh dan berkembang tanpa gangguan dan hambatan serta tetap saling menghormati untuk mewujudkan kemakmuran bersama.

"Kerja sama yang erat antar angkatan bersenjata kedua negara akan berkontribusi pada keamanan, stabilitas dan kesejahteraan rakyat kedua negara khususnya dan kawasan ASEAN pada umumnya," kata Yudo dalam keterangan resmi Puspen TNI dikutip Minggu (23/7/2023).

Yudo juga mengharapkan dukungan Panglima Angkatan Bersenjata Thailand terkait keketuaan Indonesia di ASEAN ditahun 2023.

Ia juga mengundang Jenderal Chalermphon untuk dapat hadir pada puncak pelaksanaan Latihan Bersama ASEAN Solidarity Exercise (ASEX-01N) di perairan Natuna pada pertengahan September mendatang.

Yudo juga meminta dukungan Jenderal Chalermphon dalam Latihan ASEX-01 seperti yang sudah disepakati bersama pada ASEAN Chief of Defense Forces Meeting (ACDFM) di Bali pada Juni lalu.

Latihan bersama yang melibatkan militer negara-negara ASEAN tersebut rencananya akan menitikberatkan pada latihan Keamanan Maritim Gabungan dan pemberian Bantuan Kemanusiaan.

 ♖
Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...