Rabu, 27 September 2023

[Global] Filipina Singkirkan Penghalang Apung China di Laguna Scarborough Shoal Laut China Selatan

 Filipina memperlihatkan seorang penyelam memotong tali 
https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1695761299711-penyelam-potong-penghalang-di-laut-china-selatan.jpgSeorang penyelam memotong tali yang mengikat penghalang apung di laguna Scarborough Shoal yang menghalangi kapal-kapal nelayan Filipina untuk memasuki laguna di kawasan yang disengketakan di Laut China Selatan, 26 September 2023. (Foto: voaindonesia.com/Garda Pantai Filipina via AP)

G
arda pantai Filipina mengatakan telah menyingkirkan sebuah penghalang apung China yang menutup akses ke sebuah laguna Scarborough Shoal di Laut China Selatan.

Menurut pernyataan garda pantai, pihaknya melakukan “operasi khusus” untuk menyingkirkan penghalang tersebut, yang dipasang China pekan lalu.

Garda pantai Filipina juga merilis video yang memperlihatkan seorang penyelam menggunakan pisau untuk memotong tali yang menempel pada pelampung-pelampung tersebut.

Tindakan ini menyusul pernyataan Penasihat Keamanan Nasional Filipina, Eduardo Ano, yang mengatakan penghalang China itu melanggar hak-hak penangkapan ikan tradisional Filipina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, hari Selasa, 26 September 2023, menganjurkan Filipina agar tidak memprovokasi atau mencari masalah.

China merebut kendali atas Scarborough Shoal dari Filipina pada tahun 2012 dan mengklaim kedaulatan atas sebagian besar Laut China Selatan yang kaya sumber daya alam.

Klaim-klaim yang saling bertentangan di wilayah itu juga dikemukakan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. (uh/lt)

  ★ Tagar  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...