Jumat, 13 April 2012

Penyergapan David Alex

⚔ Penyergapan David Alex

David Alex
David Alex, salah satu gerilya Fretilin yang senior pada tanggal 25 juni 1997 sekitar pukul 11.00 Wita, berhasil disergap pasukan ABRI di gua tempat persembunyiannya, di Kampung Caibada, Kecamatan Baucau, sekitar 130 km arah timur kota Dili.

Menurut majalah Cahaya Candrasa dan Suara Merdeka tahun 1997, Pasukan yang berhasil menyergap David Alex adalah :

Tim Gabungan Kopassus, Satgas Rajawali, Kodim setempat, dan Batalyon 312/ Kala Hitam Siliwangi.

Tim gabungan itu dipimpin Kapten Inf David Hasibuan, didampingi Komandan SGI Baucau Kapten Delvianus dan Lettu Agus Pangarso.

David Alex bertanggung jawab atas serangan2 terhadap pasukan TNI sebelumnya dan yang paling akhir adalah penghadangan terhadap truk yang berisi anggota Polisi dan Brimob dalam pengamanan pemilu 1997 yang menewaskan kurang lebih 19 orang di Kecamatan Quelicai. Pada penghadangan ini pihak Fretilin dengan menggunakan seragam TNI atau ABRI menghadang truk tersebut, sehingga mengira Fretilin tersebut sesama anggota dan truk berhenti dan tiba-tiba Fretilin tersebut menembak sopir truk tersebut dan melemparkan granat ke truk tersebut. Pada saat itu truk berisi pula bahan bakar dalam drum sehingga mudah sekali meledak dan disertai tembakan dari tempat tersembunyi oleh pihak Fretilin.

Penyergapan tersebut diawali dari informasi masyarakat terhadap sejumlah orang yang tidak dikenal sering mengendap masuk kawasan perumahan Kodim setempat. Dari situ dikembangkan penyelidikan dan akhirnya diketahui tempat persembunyian tersebut. Selain itu turut ditangkap sejumlah anak buah David Alex.


[Sumber angkasareaders]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...