Rabu, 29 April 2015

[World] Iran Tembaki Kapal Marshall Island

Yang Kami Tahan Kapal Milik Amerika Maersk Tigris

Jika sebelumnya Amerika menyebut Iran telah mencegat dan menembaki kapal berbendera Kepulauan Marshall, Iran justru mengklaim lain. Negara itu mengaku telah menahan sebuah kapal AS dengan 34 anggota awak di kapal, karena melanggar perairan Iran di Teluk Persia. Pentagon menyangkal kapal milik AS, mengklaim terdaftar di Kepulauan Marshall.

Dikabarkan Kantor Berita Fars sumber informasi di Iran mengkonfirmasi bahwa Angkatan Laut Iran telah menyita sebuah kapal AS di Teluk Persia. Meski kapal tersebut berbendera Kepulauan Marshall, tetapi dimiliki oleh AS. “Kapal adalah kapal dagang dan telah disita oleh angkatan laut Iran atas permintaan Pelabuhan Iran dan Organisasi Maritim,” kata sumber itu FNA.

“Kapal itu ditangkap setelah perintah pengadilan yang relevan dikeluarkan untuk penyitaan,” tambahnya, menunjukkan bahwa para IPMO memiliki perbedaan moneter dengan pemilik kapal.
Jalur Maersk Tigris

Sumber itu mengatakan kapal berbendera Marshall Islands tetapi dimiliki oleh AS sementara awak kapal berasal dari kebangsaan yang berbeda, termasuk Eropa.

Seorang juru bicara Pentagon juga menegaskan bahwa kapal berbendera Kepulauan Marshall yang telah dicegat Iran dan diminta untuk masuk ke perairan Iran. “Kapal awalnya mengabaikan peringatan itu, tapi setelah tembakan dikeluarkan akhirnya kapal menuruti,” kata seorang US Army Kolonel Steve Warren RT.

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan Maersk Tigris yang ditahan tidak ada membawa angkatan laut AS atau pasukan militer yang terlibat dalam insiden itu.

Sumber-sumber lain juga mengutip juru bicara Pentagon mengatakan bahwa pesawat AS dan kapal perusak USS Farragut merespons panggilan darurat Maersk Tigris dan memantau situasi Maersk Tigris dengan mendekati pelabuhan Iran.
AS Kirim Destroyer dan Pesawat Kapal Iran menembaki sebuah kapal kargo berbendera Marshall Island atau Kepulauan Marshall Selasa 28 April 2015. Amerika pun memberi respons dengan segera mengirim kapal perusak karena keamanan Kepulauan Marshall ada di bawah Amerika.

Kolonel Steven Warren, juru bicara Pentagon, membenarkan bahwa kapal patroli Iran mencegat kapal pengiriman Maersk Tigris jam 05.00 pagi waktu Washington. Pada saat itu, kapal Iran memerintahkan kapal untuk melakukan perjalanan lebih dalam ke perairan Iran. Hal ini tidak jelas apakah Maersk telah sengaja melakukan perjalanan ke wilayah Iran.

Ketika Maersk tidak segera merespon, kapal Iran melepaskan tembakan di haluan kapal kargo, yang kemudian menuruti permintaan. Pasukan Iran kemudian naik kapal.

Warren mengatakan kapal sekarang terletak di “sekitar” dari Larak Island, di Selat Hormuz. Menurut VesselFinder.com, kapal sedang melakukan perjalanan dari Jeddah di Arab Saudi menuju Jebel Ali di UAE.

Meskipun Kepulauan Marshall adalah negara merdeka, AS memiliki otoritas penuh dan tanggung jawab untuk keamanan dan pertahanan dari pulau tersebut, menurut lembar fakta Departemen Luar Negeri. Yang menempatkan respon AS dalam bermain dalam apa merupakan eskalasi konflik antara Iran dan Amerika Serikat.

Angkatan Laut telah mengarahkan perusak Farragut dengan kecepatan tinggi ke lokasi Maersk dan telah mengirimkan pesawat untuk mengamati situasi, kata Warren. Dia menambahkan bahwa tidak ada warga negara Amerika di atas kapal tersebut.

Seminggu terakhir telah terjadi lonjakan ketegangan antara kedua negara setelah kapal Angkatan Laut AS mulai membayangi konvoi kapal kargo Iran bahwa Pentagon percaya dapat membawa senjata untuk membantu pasukan militan di Yaman. Namun kapal Amerika kini telah ditarik dari Yaman dan kembali ke Teluk Arab.

  ♔ Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...