Senin, 28 Desember 2015

[World] Rusia Hancurkan Konvoi Truk Minyak ISIS Menuju Turki

Foto yang diklaim memperlihatkan bahwa AU Rusia menghancurkan konvoi truk minyak ISIS di Suriah yang sedang menuju perbatasan Turki (Reuters)

Rusia merilis gambar-gambar dramatis yang menunjukan detik-detik angkatan udara mereka di Suriah, menghancurkan konvoi truk minyak ISIS yang sedang menuju perbatasan Turki.

Dilaporkan operasi ini bertujuan untuk menghancurkan salah satu pendanaan terbesar ISIS, yaitu bisnis ilegal minyak. Pada awalnya, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia merilis berbagai video dan foto yang memperlihatkan iring-iringan truk pengangkut minyak milik ISIS.

Menurut pihak Kemenhan Rusia pada konferensi pers di Moskow, setidaknya mereka telah menghancurkan 17 konvoi truk pengangkut minyak milik ISIS, yang diklaim oleh pihak Rusia sebagai ‘pukulan telak’ terhadap pendanaan para daesh (ISIS).

Dilaporkan, pihak Rusia memberikan klaim bahwa semenjak bulan September, militer Negeri Beruang Merah ini telah menghancurkan 2.000 truk pengangkut minyak ISIS di Suriah.

Namun, sebagaimana dilansir dari Mirror, Minggu (27/12/2015) salah satu analis konflik Suriah menyampaikan bahwa yang disampaikan oleh pihak Rusia di konferensi pers tersebut hanya sebagai bentuk propaganda semata kepada Turki. Analis itu mengarah kepada hubungan yang memanas antara Rusia-Turki semenjak ditembak jatuhnya bomber Rusia.

Karena memang terbuksi semenjak insiden penembakan bomber Rusia oleh Angkatan Udara Turki, saling tuding antara kedua negara ini terus berlanjut dan semakin memanaskan situasi politik keduanya. (emj)
 

  Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...