Sabtu, 02 Januari 2016

[World] Kelompok Bersenjata Serang Pangkalan Udara India

Dua Tewas Pasukan keamanan berjaga di sekitar lokasi baku tembak (New Delhi TV)

S
ekelompok pria bersenjata menyerang Pangkalan Udara Pathankot yang berada di utara India dekat perbatasan dengan Pakistan. Baku tembak terjadi di antara kelompok bersenjata tersebut dengan pasukan keamanan India.

Seperti dilaporkan ABC News, Sabtu (2/1/2016), serangan terjadi pada pukul 3 dini hari waktu setempat. Empat pria bersenjata menyerang pangkalan udara tersebut. Mereka menggunakan mobil polisi bajakan dan seragam tentara India saat melakukan serangan. Dua orang dari kelompok bersenjata itu tewas dalam baku tembak.

Pangkalan Udara Pathankot berada dekat dengan jalan bebas hambatan yang menghubungkan negara bagian Jammu dan Kashmir dengan wilayah-wilayah lain di India. Negara bagian tersebut diketahui merupakan wilayah yang didera pemberontakan.

Serangan tersebut terjadi sepekan setelah kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Pakistan. Dalam kunjungan mendadak itu, Modi bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

 Bertambah Menjadi Enam Tewas 
Tentara India mendirikan blokade di sekitar pangkalan udara Pathankot (Associated Press)

Empat pria bersenjata menyerang Pangkalan Udara Pathankot, sebelah utara India yang berada dekat perbatasan dengan Pakistan. Keempatnya membajak mobil polisi dan menggunakan seragam tentara India saat melakukan penyerangan pada pukul 3 dini hari waktu setempat.

Pasukan keamanan dan kelompok pria bersenjata tersebut terlibat baku tembak. Seperti dilaporkan NBC News, Sabtu (2/1/2016), empat orang pria bersenjata tewas setelah baku tembak dengan tentara selama beberapa jam. Sayangnya, dua tentara India juga turut menjadi korban tewas.

Pasukan tentara India berhasil mencegah keempat pria tersebut memasuki area penyimpanan senjata dan pesawat tempur serta helikopter yang berada di pangkalan udara. Personel kepolisian juga diturunkan ke lokasi untuk mensterilkan pangkalan udara tersebut dari ancaman serangan lainnya.

Penyelidikan dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mengetahui apakah empat pria bersenjata itu merupakan pemberontak yang berasal dari Kashmir atau Pakistan. Pemberontakan oleh orang-orang Kashmir rutin terjadi di India sejak 1989. Mereka ingin Kashmir merdeka atau bergabung dengan Pakistan. (wab)

  Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...