Jumat, 04 Mei 2018

Sultan Brunei Tertarik Beli Senjata dan Tank Anoa Buatan Pindad

Sultan Hassanal Bolkiah di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/5).Sultan Hassanal Bolkiah didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk bertemu Presiden Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/5). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho) ★

Presiden Jokowi mengaku Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah tertarik dengan alat utama sistem senjata (alutsista) produksi PT Pindad. Bahkan, kata Jokowi, Sultan Bolkiah telah sepakat membeli beberapa senjata api dan tank jenis Anoa PT Pindad.

"Iya, tadi sudah dalam proses dan memang kami sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di Pindad," kata Jokowi di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018).

Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta ini belum merinci berapa banyak senjata api dan tank Anoa yang diborong oleh Sultan Bolkiah.

"Yang sudah jelas, tadi adalah dengan Pindad untuk senjata dan tank Anoa," sambung dia. Selain senjata api dan tank Anoa, Jokowi menyebut bahwa pihaknya juga menawarkan kapal dan pesawat jenis CN. Namun, Sultan Bolkiah masih mempertimbangkan pembelian unit alutsista tersebut.

"Beliau (Sultan Bolkiah) tadi menyampaikan masih dihitung-hitung dulu," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah menggelar pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya berkomitmen memperkuat kerja sama dalam bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista).

 Tinjau Mabes TNI 
Sambut Sultan Brunei, Jokowi Bergaya Militer di Mabes TNIPresiden Joko Widodo upacara militer saat tiba di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/5). Presiden Jokowi datang mengenakan seragam militer untuk menerima kunjungan Sultan Haji Hassanal Bolkiah beserta delegasi. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan, Hassanal Bolkiah menyampaikan kepada Jokowi bahwa mereka tertarik untuk membeli alutsista yang diproduksi Indonesia.

"Ada ketertarikan dari Brunei untuk membeli kendaraan tempur dari Indonesia dan juga persenjataan produksi PT Pindad," jelas Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).

Menurut Retno, Hassanal Bolkiah juga ingin melihat langsung alutsista Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi akan mengajak Hassanal Bolkiah berkunjung ke Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, sore ini.

"Di Mabes akan ada beberapa pameran yang akan ditinjau oleh Sultan dan Presiden dari PT Pindad, PT DI dan PT PAL Indonesia," kata dia.

  Liputan 6  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...