Kamis, 18 Oktober 2018

[Dunia[ Jet Ukraina Jatuh saat Latihan Perang NATO

Tentara AS Tewas https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2018/10/17/41/1346763/jet-ukraina-jatuh-saat-latihan-perang-nato-tentara-as-tewas-PkH.jpgSebuah jet tempur Su-27 Ukraina saat mengikuti latihan perang NATO, Clear Sky 2018, pada 12 Oktober 2018. Foto/REUTERS/Gleb Garanichdef.pk

Sebuah jet tempur Su-27 Ukraina jatuh saat latihan perang dengan NATO pada hari Selasa sore. Kecelakaan pesawat tempur ini menewaskan dua tentara, termasuk tentara Amerika Serikat (AS).

Layanan pers dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pesawat tempur Su-27 jatuh di dekat Desa Ulanov.

"Hari ini, sekitar pukul 17.00 waktu setempat, sebuah pesawat Su-27 jatuh di dekat desa Ulanov (di antara kota Berdychiv dan Khmil'nyk) selama penerbangan latihan tempur. Aktivitas pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan," kata layanan pers tersebut yang dipublikasikan di halaman Facebook-nya.

Beberapa jam kemudian, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina seperti dikutip Reuters, Rabu (17/10/2018), memperbarui informasinya. Menurut Staf Umum kedua pilot yang tewas dalam kecelakaan ini adalah tentara Ukraina dan tentara AS.

"Kami menyesal untuk menginformasikan bahwa menurut laporan oleh tim pencarian dan penyelamatan, jasad dua pilot ditemukan; satu adalah pilot angkatan udara Ukraina, dan yang kedua adalah pilot Garda Nasional Udara AS," kata layanan pers staf tersebut.

Jet tempur Su-27 dan F-15 Ukraina awalnya sedang melakukan misi latihan tempur Clear Sky 2018. Namun, kecelakaan terjadi. Penyebab insiden sedang diselidiki.

Kantor Kejaksaan Militer Ukraina membenarkan bahwa tentara AS dan Ukraina tewas dalam kecelakaan pesawat.

Latihan perang gabungan NATO, Clear Sky 2018, berlangsung dari tanggal 8 hingga 19 Oktober di Ukraina barat. Negara-negara lain yang ikut latihan perang NATO antara lain Belgia, Inggris, Denmark, Polandia, Estonia, Belanda, Polandia dan Rumania.

Latihan perang tersebut telah dipromosikan di halaman Facebook Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina. Dalam promosinya, NATO menyatakan banyak hal untuk dipelajari dari Ukraina. NATO juga memperingatkan bahwa jika Rusia meluncurkan serangan udara terhadap Ukraina, harga yang harus dibayar akan sangat mahal. (mas)

  SINDOnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...