Sabtu, 20 April 2024

TNI AU Latihan Bersama AS

 Digelar pada Juli 2024https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjUfs3pgDNgXaZdnyAxoLusfYfXAJ59Eu_q5e6Od0Sd3m-2hx68gEHitaJGCocphBOns9cOLjFGiSB3hji5Ns6jL-gj3zpaDD-KW89_7kVh4sC7fI4Ozn--l8AePDqem84e7qChsk3arFFmKimFcnoT0TB7ftl6mFwVSYhcUX0_7TyIIqx3nRp47i8/w1600-h800/prajurit-gabungan-komando-pasukan-gerak-cepat-kopasgat-tni-angkatan_220809153259-287.jpgLatihan Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (antara)

TNI AU dan militer Amerika Serikat yakni United State Pacific Air Force (US PACAF) dipastikan menggelar latihan bersama dalam ajang Cope West MAF 2024 pada Juli 2024.

Hal tersebut dapat dipastikan setelah jajaran TNI AU dan US PACAF melakukan pertemuan terakhir untuk membahas persiapan latihan bersama di Gedung Bina Yudha Pangkalan Udara (Lanud) Abd Saleh, Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4).

Berdasarkan siaran pers TNI AU yang disiarkan Jumat, persiapan ajang Cope West MAF 2024 itu membahas beberapa hal seperti persiapan manuver latihan, kesiapan tempat, skenario kegiatan, hingga dukungan administrasi dan logistik.

Dalam kegiatan latihan tersebut, TNI AU akan menurunkan pesawat C-130 TNI AU, personel Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya TNI AU berharap jajarannya dapat mengalami peningkatan kualitas SDM personel dan alutsista.

Tidak hanya itu, TNI AU juga berharap kegiatan latihan gabungan ini dapat membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat semakin harmonis.

Sebelumnya, TNI AU saat ini tengah gencar merangkul beberapa negara untuk melakoni latihan bersama. Yang paling baru yakni kerja sama latihan gabungan dengan militer udara Perancis yakni French Air and Space Foreca (FASF).

Dalam siaran pers TNI AU, dijelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan yakni di bidang latihan, pendidikan, Subject Matter Exchange Expert (SMEE) dan operasi penerbangan.

Dengan latihan, ini kedua negara berkesempatan untuk saling bertukar personel, instruktur dan materi pendidikan.

Tidak hanya itu, latihan ini juga memfasilitasi kedua negara untuk saling bertukar tenaga ahli atau spesial dalam bidang taktik dan alutsista.

Selain itu, latihan ini juga memungkinkan kedua negara saling bertukar pengalaman dan teknik dalam operasi penerbangan dalam menjaga teritorial negara.

 ♖
antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...