Sabtu, 07 September 2024

TNI Kembali Kirim 9 Nakes

 Untuk Misi Kemanusiaan di Gaza Palestina 
https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2024/09/06/tni-kembali-kirim-9-nakes-untuk-misi-kemanusiaan-di-gaza-palestina-1_169.jpeg?w=700&q=90 (Dispen TNI) 😷

S
ebanyak sembilan orang tenaga kesehatan (nakes) TNI kembali diberangkatkan menuju Abu Dhabi untuk mendukung misi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Sebelumnya, TNI sudah mengirim puluhan nakes pada awal bulan lalu.

Dalam pembekalannya di hadapan para nakes, Kapuskes TNI, Mayjen TNI Yenny Purnama mengingatkan para personel bahwa mereka membawa misi mulia untuk membantu sesama di wilayah konflik.

"Anda semua adalah duta kemanusiaan Indonesia, kebanggaan bangsa, dan harapan bagi saudara-saudara kita di Palestina. Tetaplah profesional, disiplin, dan berikan yang terbaik. Semoga tugas ini menjadi ladang ibadah dan kebanggaan kita semua," kata Kapuskes TNI Mayjen Yenny dalam keterangan dari Puspen TNI, Jumat (6/9/2024).

Tim dilepas secara resmi oleh Kapuskes TNI yang didampingi perwakilan dari Sops TNI, PMPP TNI, Kemhan, serta keluarga para nakes.

Mereka diberangkatkan melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/9). Penerbangan menuju Abu Dhabi menggunakan maskapai Etihad Airways dengan nomor penerbangan EY 0475, dan dijadwalkan take off pada pukul 17.45 WIB.

Kesembilan orang nakes yang di bawah pimpinan Mayor Ckm dr. Leksmana Arry Chandra ini akan memperkuat 25 personel TNI yang sudah lebih dulu berada di Gaza. Mereka akan bergabung bertugas Floating Hospital milik Pemerintah Emirat Arab.

Keberangkatan gelombang kedua ini merupakan bukti nyata dukungan TNI dan Pemerintah Indonesia dalam misi kemanusiaan untuk membantu Palestina, menunjukkan solidaritas dan komitmen dalam mendukung perdamaian dan kesejahteraan bagi mereka yang terdampak konflik.

Dengan keberangkatan ini, total 34 personel medis TNI kini telah bertugas di Gaza, memberikan bantuan kesehatan kepada mereka yang membutuhkan.

Sebelumnya, tim nakes pertama diberangkatkan pada Jumat (9/8) dini hari. Sebanyak 25 nakes TNI ini akan langsung ditempatkan di rumah sakit terapung di El Arish, Mesir. Total akan ada 40 nakes dari TNI AD, AL, dan AU yang akan dikirim dalam misi kemanusiaan di Gaza.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto sempat memberikan pengarahan kepada 40 nakes TNI. Dalam pengarahan, Prabowo turut didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Pembekalan dilakukan di Aula Bhinneka Tunggal Ika, kantor Kemenhan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (7/8). Pengarahan yang disampaikan Prabowo kepada para nakes berlangsung tertutup. Dari 40 nakes TNI ini terdiri dari dokter spesialis dan tenaga perawat.

Dari 25 nakes TNI ini, sebanyak 15 orang nakes juga akan ditempatkan ke rumah sakit lapangan yang berada di Rafah, wilayah selatan Jalur Gaza, Palestina. Namun penempatan 15 nakes TNI di Rafah ini akan lebih dulu melihat situasi keamanan.

Sementara untuk posisi 15 nakes yang bakal dipindah ke rumah sakit lapangan di Rafah, akan digantikan oleh 15 personel yang masih berada di Indonesia. (jbr/rfs)

  😷 detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...