Sabtu, 23 Juni 2012

Indonesia-Amerika Akan Bangun Museum PD II di Morotai

 Indonesia berencana membangun museum Perang Dunia (PD) II dan Trikora di Morotai Maluku Utara.

Peninggalan Perang di Morotai, Maluku Utara
Museum tersebut akan dibangun bekerja sama dengan Yayasan MacArthur yang bermarkas di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat.

Untuk membahas hal tersebut, Senin (18/6), Menteri Kordinator  Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono didampingi Gubernur  Maluku Utara, Thaib Armaiyn berkunjung ke MacArthur Memorial dan MacArthur Museum di Norfolk Virginia.

"Jenderal Douglas MacArthur sebagai panglima sekutu di Pasifik saat Perang Dunia II dikenal  dengan strategi lompat katak-nya dari pulau ke pulau dan menyerbu pulau  Morotai di Maluku dari Biak, Papua untuk melumpuhkan kekuatan tentara pendudukan Jepang  di sana," kata Konjen Indonesia di Houston, Al Busyra Basnur melalui rilis, Rabu (20/6).

Di Morotai, Pasukan Sekutu kemudian membangun tujuh landasan udara guna mendukung serbuan udara ke Filipina sebagai sasaran berikutnya.

Sementara itu, saat operasi Trikora Perebutan Irian Barat (1962), Morotai juga dipakai sebagai titik kumpul pesawat-pesawat pengebom strategis TU-16 AURI dan Pesawat tempur MIG-17 AURI dalam rangka persiapan penyerbuan pulau Biak di Irian Barat.

Atas rekam jejak sejarah itulah, pulau Morotai dirasa cocok sebagai tempat dibangunnya museum Perang Dunia II tersebut.

Rencana pembangunan museum ini juga bertepatan dengan rangkaian acara Sail  Morotai 2012 yang berisi acara-acara kelautan seperti Ekspedisi Bhakti  Kesra Nusantara, Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, Kapal Remaja  Nusantara Bahari, Ekspedisi Kapal Riset Indonesia, Seminar, dan Pameran.

Pada acara puncak Sail Morotail, 15 September 2012, akan hadir para veteran  Perang Dunia II dan Veteran Trikora, akan digelar operasi penerjunan  pasukan lintas udara di Morotai, Pelucuran Roket LAPAN, serta Parade  kapal perang manca negara, serta kapal-kapal layar Indonesia.(BeritaSatu)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...