Kamis, 27 Juni 2013

Trisula Perkasa 2013 : Yon 464 Paskhas unjuk kemampuan kuasai Lanud Eltari Kupang

http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2013/06/latihan-paskhas-trisula-300x199.jpgBatalyon 464 Paskhas yang bermarkas di Komplek Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Jawa Timur, mengikuti latihan puncak Korpaskhas TNI AU di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Latihan dengan sandi Trisula Perkasa 2013 itu dipusatkan di wilayah Kupang Nusa Tenggara Timur dan Markas Lanud Eltari Kupang.

Latihan melibatkan ratusan unsur pasukan dari seluruh jajaran Korpaskhas, yang meliputi unsur pendukung maupun pelaku latihan. Selain itu latihan ini juga melibatkan empat pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Halim PK, Skadron Udara 32 Abd Saleh Malang, satu pesawat CN-295 dan juga melibatkan personil Lanud Eltari, Kupang, NTT.

Latihan dibuka oleh Dankorpaskhas TNI AU pekan lalu dengan diawali geladi posko yang dipusatkan di Mako Korpaskhas. Sebelumnya telah dilaksanakan penataran pelaku dan wasdal untuk bekal latihan, sedangkan manuver lapangan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Juni 2013. Dalam latihan ini Yon 464 Paskhas melibatkan Tim Dalpur (Pengendali Tempur), Tim Dallan (Pengendali Pangkalan), Tim Jump Master dan Tim SARPUR (SAR Tempur).

Yon 464 Paskhas unjuk kemampuan kuasai Lanud Eltari Kupang - Latihan Puncak Korpaskhas TNI AU 'Trisula Perkasa 2013' - Salah seorang anggota Tim Dalpur Yon 464 Paskhas Lanud Abdulrahman Saleh Malang, mendarat di sasaran infiltrasiUnsur Tim Pengendali Tempur yang dikomandani langsung oleh Danyon 464 Paskhas, Letkol Pasukan Joko Prasetyo, akan melaksanakan infiltrasi melalui udara menuju sasaran terpilih yakni Pangkalan TNI AU Eltari Kupang pada malam hari. Infiltrasi dilakukan dengan penerjunan free fall metode HAHO (High Altitude High Opening).

Setelah Tim Dalpur menyatakan sasaran aman, satuan Yonbuthanlan (Batalyon Perebutan dan Pertahanan Pangkalan) diterjunkan melalui terjun statik. Mereka melakukan operasi perebutan dan pertahanan pangkalan agar pangkalan tersebut siap digunakan untuk operasi selanjutnya.

Trisula Perkasa merupakan sandi latihan puncak Korpaskhas yang digelar setiap tahun dan dilaksanakan sebagai wujud hasil pembinaan yang dilakukan Korpaskhas. Latihan ini juga merupakan wujud akuntabilitas publik dan pertanggungjawaban Korpaskhas di bidang pembinaan kepada TNI Angkatan Udara khususnya, dan kepada bangsa dan rakyat Indonesia.

Latihan dengan sandi Trisula Perkasa Korpaskhas 2013 mengambil tema, “Satgas Paskhas Melaksanakan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara di Wilayah Indonesia Timur Dalam Rangka Mendukung Tugas Komando Tugas Udara Gabungan”.@nr

http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2013/06/latihan-paskhas-trisula-3-300x225.jpg
http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2013/06/latihan-paskhas-trisula-1-300x199.jpg
http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2013/06/latihan-paskhas-trisula-2-300x199.jpg

  Lensa Indonesia  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...