Minggu, 22 November 2015

[World] Siluman Langit, Bandit Darat, dan Raja Laut

Diakui atau tidak, suka atau tidak, Rusia masih menjadi negara yang mampu melahirkan senjata-senjata paling canggih di dunia.

Tidak hanya di darat dengan tank-tank legendaries, kekuatan di udara dan laut juga telah menjadi ajang pembuktian bagi Rusia untuk memunculkan senjata-senjata paling mematikan.

Dan inilah tiga senjata buatan Rusia paling canggih di abad ke-21.

 ★ Siluman Langit 
Memang masih membutuhkan pembuktian mengingat pesawat ini masih dalam uji prototipe dan diperkirakan akan masuk jalur produksi pada 2016 ini. Program pembangunan dimulai di CB Sukhoi pada tahun 2002. Pada 21 Februari 2014 pesawat prototip pertama telah diserahkan kepada negara untuk diuji.

PAK FA secara fundamental berbeda dari pendahulunya yakni generasi Su-27 dan anak cucunya. Pesawat baru ini adalah jet kelas berat, tetapi beratnya secara signifikan justru kurang dari kelas pesawat ini, karena pembuatannya secara ekstensif menggunakan material komposit yang membentuk 25% dari berat pesawat yang kosong, dan 70% dari luas permukaannya.

Mesin pesawat memungkinkan untuk mengembangkan kecepatan supersonik tanpa afterburner, sedangkan avionik dengan radar Belka, dilengkapi dengan AESA memungkinkan pesawat untuk secara bersamaan melacak 4 target darat dan 30 target udara dan membidik 8 dari target-target tersebut. Sifatnya jelas siluman atau mampu bersembunyi dari deteksi radar lawan.

Bahkan ketapel pesawat adalah salah satu generasi baru. Komputer digital otomatis menganalisa kecepatan pesawat, ketinggiannya, sudut lapangan, roll, kecepatan sudut, tinggi dan berat badan pilot. Pada tahap awal saja Rusia berencana untuk membeli 60 pesawat ini, yang akan dipasok ke tentara pada tahun 2016.

 ★ Bandit di Darat 
Aksi militer di Chechnya menunjukkan bahwa tank Soviet, sementara sempurna untuk tentara massal, tidak sebaik dalam konflik lokal. Karena tata letak awak T-72/90 ini tak lepas dari amunisi dan jika ada masalah penembakan tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri. Semua ini dipertimbangkan ketika merancang tank baru. T-14 Armata, yang akan dipresentasikan pada parade kemenangan Mei, diperkirakan telah memasukkan seluruh pengalaman Rusia dalam desain tank.

Armata masih diklasifikasikan dan sedikit informasi tentang spesifikasinya yang bocor ke public. Tetapi dikabarkan MBT baru akan menerima meriam 125 mm (dengan opsional 152 mm) di menara, kru akan berbaris dalam sebuah kapsul lapis baja dipisahkan dari kompartemen dengan amunisi.

Armata bahkan akan mendapatkan radar sendiri, mampu melacak hingga 40 target dinamis dan 25 target aerodinamis dan mengontrol wilayah dalam radius 100 km. Pada 2015, pasukan akan menerima sedikitnya 30 tank T-14.

 ★ Raja Laut 
Karena kerentanan lebih rendah, komponen laut dari triad nuklir datang sebagai jaminan serangan nuklir balasan dan menahan musuh Rusia. Tapi pengenalan pembom strategis baru ke dalam Angkatan Laut Rusia telah secara signifikan tertunda. Sempat ada persoalan ketika rudal Bark untuk kapal selam Borey ditolak karena terlalu mahal. Sementara itu, Angkatan Laut sangat membutuhkan strategi baru.

Kemudian, pada tahun 1998, datang keputusan dengan cepat dan murah dengan menghasilkan rudal laut Bulava dan rudal darat Topol-M.

Selama tes pertama, Bulava memiliki banyak masalah, tetapi dalam beberapa tahun terakhir rudal akhirnya terbang.

Proyek 955 Borey kapal selam mampu membuat serangan dengan Bulava dari bawah es Arktik, di mana tidak ada navigasi permukaan, yang mempersulit deteksi kapal selam tidak hanya dari satelit, tetapi juga dari kapal dan intersepsi rudal di tahap awal dari penerbangan. Selain itu, kapal selam telah menjadi senyap dibanding pendahulunya dan belajar untuk menembak pada bergerak dari bawah air.

Program negara memberikan perintah untuk pembuatan delapan kapal selam kelas Borey. Tiga di antaranya sudah dalam pembangunan: Knyaz ‘Vladimir, Knyaz’ Oleg dan Knyaz ‘Suvorov. Mungkin beberapa dari mereka sedang dibangun sesuai dengan update proyek Borey-A. Igor Vil’nit, kepala CDB Rubin, di mana kapal selam itu dirancang, mengatakan kepada media bahwa kapal selam Borei akan mendapat beberapa tambahan. [Sumber: Russia and India Report]

   jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...