Jumat, 14 Desember 2018

Bakamla Luncurkan 3 Kapal Patroli

Perkuat Kemanan Lalu Lintas di PerbatasanBadan Keamanan Laut (Bakamla) RI kembali meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa yang dikerjakan PT. Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, Kamis (13/12/2018). (KOMPAS.com/ HADI MAULANA)

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI kembali meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa yang dikerjakan PT Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, Kamis (13/12/2018).

Menariknya, nama ketiga Kapal Negara (KN) ini diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN Pulau Nipah 8001, KN Pulau Marore 8002, serta KN Pulau Dana 8003.

Kapal Patroli ini berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 14,4 meter dengan kecepatan hingga mencapai 22 knot, dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM.

Plt Deputi Operasi Laut Laksma Bakamla Guntur Wahyudi mengatakan, pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Tak hanya itu, hal ini juga membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan, yaitu mengembangkan teknologi industri perkapalan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan, dan kepentingan nasional lainnya.

"Keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional," kata Guntur, Kamis (13/12/2018).

"Sekaligus salah satu solusi konkret dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang," kata dia menambahkan.

Ketiga kapal ini, nantinya juga diharapkan mampu meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI, khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan.

Selain itu, kehadiran kapal ini juga menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Dengan penambahan tiga kapal ini, saat ini bakamla memiliki 10 kapal patroli," pungkas dia.
 

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...