Minggu, 16 Februari 2020

Satu Hercules Ex RAAF Diserahkan kepada TNI AU

Pesawat Hercules C-130 A-1338Pesawat angkut C130H A1338 [TNI AU] ✈️

Letkol Pnb Suryo Anggoro, M. Tr (Han) selaku Pilot in Command yang merupakan juga Komandan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh bersama sebelas aircrew berhasil mendaratkan pesawat C-130 Hercules A-1338 di Base Ops Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Sabtu siang (15/2). Kedatangan Pesawat C-130 Hercules A-1338 di tanah air, yang berangkat dari Australia pada tanggal 14 Februari 2020, diacarakan dalam suatu acara penyambutan di Lanud Abdulrachman Saleh.

Awalnya sekitar pukul 12.07 WIB pesawat mendarat di Lanud Abdulrachman Saleh dengan aman. Selanjutnya pesawat disambut dengan water salute saat memasuki Base Ops hingga parkir di depan VIP Room. Aircrew A-1338 kemudian turun dari pesawat dan disambut para pejabat dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabesau dan Lanud Abdulrachman Saleh. Kemudian dilaksanakan penyerahan sertifikat airworthiness dari Kapuslaik Kemhan yang diwakili Kolonel Arif kepada Skadron Udara 32 yang diwakili Marsma TNI Hesly Paat selaku Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

Berikutnya serah terima sertifikat dan penanda tanganan dari Kepala Baranahan yang diwakili Marsma TNI Asfan Jauhari selaku Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan kepada Aslog Panglima TNI yang diwakili Paban I/Slog Mabes TNI Kolonel Tek Andi Vincent. Kemudian penyerahan sertifikat dan tanda tangan dari Aslog Panglima TNI diwakili Paban I/Slog Mabes TNI Kolonel Tek Andi Vincent kepada Aslog Kasau diwakili Letkol Kal Nunik Intarti, S.E.,M.Si.

Marsma TNI Asfan Jauhari Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus Alpalhan Kemhan) dalam amanatnya merasa sangat bersyukur, karena dengan berbagai upaya dari berbagai pihak dengan waktu yang cukup lama, pada akhirnya pesawat C-130 Hercules A-1338 dapat tiba di Indonesia dengan aman. Dijelaskannya pesawat C-130 Hercules A-1338 merupakan pesawat kelima eks Royal Australian Air Force (RAAF) yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia sejak akhir 2014 yang kemudian direstorasi agar laik dan aman, hingga pada tahun 2020 ini, dapat didatangkan ke tanah air.

Sementara itu, Letkol Pnb Suryo Anggoro, M. Tr (Han) menyampaikan tim aircrew Skadron Udara 32 yang akan mengawaki A-1338 berangkat sejak tanggal 9 Februari 2020 bersama inspektor dan tim dari Indonesian Military Airworthiness Autority Kemhan. Selanjutnya beberapa proses teknis dilaksanakan pada A-1338 seperti ground run, test flight dan lainnya. Setelah semuanya dinyatakan laik, maka pada 14 Februari dilaksanakan ferry flight dengan rute Richmond AFB-Darwin AFB dan bermalam. Pada tanggal 15 Februari 2020, A-1338 melanjutkan penerbangan dengan rute Darwin AFB -Eltari Kupang dan berakhir di Lanud Abdulrachman Saleh.

Turur menghadiri acara penyambutan Hercules A-1338 tersebut antara lain pejabat List B dan C Lanud Abdulrachman Saleh, insub, pejabat terkait, undangan juga anggota Skadron Udara 32.
 

  TNI AU  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...