Sabtu, 04 Juli 2020

[Dunia] India Beli 33 Pesawat Tempur Baru dari Rusia

✈️ Untuk Hadapi China✈️ Pesawat SU 30 MKI [istimewa]

Upaya pemerintah India dalam meningkatkan pertahanan dan keamanannya di tengah ketegangan dengan China patut diacungi jempol.

Kementerian Pertahanan India pada hari Kamis, 2 Juli 2020 telah merilis tentang rencana pembelian 33 unit pesawat tempur dari Rusia untuk menghadapi dominasi pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di perbatasan Ladakh, Lembah Galwan.

33 unit jet tempur yang bakal dibeli India dari Rusia terdiri dari 21 pesawat MiG-29 dan 12 unit Sukhoi-30.

"Pembelian 21 pesawat MiG-29 dan 12 Sukhoi-30 akan menelan biaya 181.48 miliar rupe (USD 2.43 miliar)," kata Kementerian Pertahanan India dikutip VIVA Militer dari Times of India, Jum'at, 3 Juli 2020.

[​IMG]MiG 29 UPG [Istimewa]

Selain itu, Kementerian Pertahanan India juga berencana melakukan modernisasi 59 unit MiG-29 miliknya untuk meningkatkan kemampuan skuadron pesawat tempurnya.

Untuk diketahui, konflik perbatasan antara India dan China terus meningkat di sepanjang Line of Actual Control (LAC) Ladakh, Lembah Galwan. Bentrokan fisik antara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan India pada pertengahan bulan Juni lalu yang telah menewaskan 20 tentara India telah meruncing konflik dua negara yang berbatasan dengan Himalaya itu.

China saat ini telah mengerahkan sebagian besar pasukan militernya ke arah perbatasan Ladakh. Hal serupa juga dilakukan oleh India. Bahkan, pagi tadi Perdana Menteri India Narendra Modi mendatangi Ladakh untuk bertemu langsung dengan ribuan pasukan Angkatan Bersenjata India yang berada di perbatasan. Dia memastikan kesiapan pasukan militer Angkatan Bersenjata India dalam menghadapi kekuatan militer China di perbatasan Ladakh.

  ✈️ Vivanews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...