Rabu, 15 Februari 2023

Rusia Bakal Kirim 3 Kapal Perang

⚓️ Ikuti Latihan Militer di Makassar Kapal perang Rusia ketika latihan bersama dalam Passex (Passing Exercise) Rusindo-20 (Puspen TNI)

Rusia akan berpartisipasi dalam latihan gabungan militer Multinasional Exercise Arrow di Makassar pada 5-12 Juni mendatang. Mereka akan mengirim tiga kapal perang.

Keterlibatan itu terungkap saat Atase Pertahanan Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia Maxim Lukyanov saat konferensi pers di kediaman Duta Besar Rusia, Rabu (15/2).

"Kami diundang, kami siap kirim tiga kapal perang untuk ikut. Saya pikir itu jumlah besar daripada negara lain," kata Maxim.

Maxim kemudian menyebut Jepang dan China yang hanya mengirim satu kapal serta negara lain yang belum siap.

"Amerika Serikat belum siap, Australia juga belum siap," ujar dia.

Partisipasi militer Moskow dalam latihan gabungan di Indonesia bukan kali pertama. Pada Desember 2021, Rusia ikut terlibat latihan gabungan militer di lepas pantai Sumatera Utara.

Latihan itu bertajuk Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigation dalam agenda Russia Naval Exercise (ARNEX) atau Latihan Bersama (Latma) Angkatan Laut negara-negara ASEAN dan Rusia.

Latihan tersebut dibuka Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah dan dihadiri sejumlah pejabat pertahanan RI serta perwakilan Rusia.

Beberapa di antaranya Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Duta Besar Rusia untuk ASEAN, para Atase Pertahanan negara anggota ASEAN di Jakarta. (isa/bac)

 ⚓️  CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...