Senin, 22 Januari 2024

TNI AU Kedatangan Alutsista Terbaru Pesawat Keempat Super Hercules C-130J Buatan AS

 Mendarat di Lanud Halim PerdanakusumaPesawat keempat C-130 J Super Hercules dari lima pesawat sejenis baru yang dipesan RI untuk memperkuat alutsista telah mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma. (antara) ✈️

TNI Angkatan Udara kembali kedatangan alutsista teranyar, yaitu Pesawat Super Hercules C-130J. Pesawat militer jenis angkut berukuran jumbo itu mendarat di Pangkalan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada hari Senin, 22 Januari 2024 sekitar pukul 14.20 Wib.

Setibanya di landasan Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat Super Hercules C-130J dengan tail number A-1344 buatan Lockeed Martin, Amerika Serikat itu langsung disambut water salute sebagai tradisi upacara penyambutan kedatangan pesawat baru di lingkungan TNI AU.

Kedatangan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) itu disambut langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Andyawan Martono Putra bersama sejumlah pejabat utama Mabesau lainnya.

Wakasau Marsdya TNI Andyawan kemudian mengalungi selempang batik kepada sejumlah pilot dari perusahaan pembuat pesawat Loocked Martin dan kru yang merupakan prajurit penerbang TNI AU yang turut serta dalam penerbangan pesawat Super Hercules C-140J A-1344 di Lanud Halim Perdana Kusuma, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian plakat sebagai bentuk apresiasi kepada mereka.

Untuk diketahui, Super Hercules C-130J A-1344 ini adalah pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat alutsista TNI Angkatan Udara di masa mendatang.

Pesawat Super Hercules ini melakukan perjalanan selama enam hari dari Amerika Serikat menempuh rute Marietta, San Diego-California, Hanolulu, Marshall Island, Guam, dan Halim Perdanakusuma.

Adapun tiga prajurit TNI AU yang turut serta dalam penerbangan dari Amerika Serikat menuju Indonesia adalah Komandan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, Mayor Pnb Chandra Danang Jaya, dan Kapten Tek Fransiskus Bari Yoga Patria.

Sebelumnya pesawat Super Hercules C-130J yang sudah tiba di Tanah Air adalah pesawat dengan tail number A-1339, A-1340, dan A-1343.
 

  ✈️
Vivanews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...