Selasa, 28 Februari 2012

★ DMV-30 Dirgantara Indonesia

☆ DMV-30 T Bravo I

♘ Rantis Buatan Sangkuriang

Seperti legenda Tangkuban Perahu dari tanah Parahyangan, Sangkuriang yang sanggup membuat perahu besar pesanan Dayang Sumbi hanya dalam sehari semalam, begitu juga Engineering Service PT DI (Dirgantara Indonesia) mampu menyelesaikan rantis DMV-30T hanya dalam waktu 15 hari siang malam.

DMV-30T
Pesanan Rantis ini diselesaikan dan diserahterimakan saat perayaan ulang tahun Korp Paskhas TNI AU 17 oktober 2007 di Lanud Sulaiman, Bandung. Tantangan ini sebagai bentuk kepercayaan yang diberikan Korpaskhasau terhadap PT DI.

PT DI telah dua kali mendapat pesanan kendaraan taktis sejenis. sebelumnya bersama SSE dari Tanggerang menghasilkan P3 Chetah Ransus, yang pernah ditampilkan pada pameran pertahanan Internasional, IndoDefence 2006 di PRJ Kemayoran, Jakarta.

Direncanakan selusin DMV-30T dibuat untuk mengganti / melengkapi rantis ringan Korpaskhasau yang telah dimakan usia seperti Glover Webb dan Land Rover, keduanya buatan Inggris.

♘ Body Telanjang

DMV 30T berarti Dirgantara Military Vehicle, yang menggunakan mesin kapasitas 3000 cc dengan rangka pipa baja tubular. Dirancang untuk pasukan khusus yang memiliki mobilitas tinggi, lincah dalam operasi tempur.

Bodinya dirancang telanjang untuk mempermudah prajurit supaya bebas, cepat bergerak keluar masuk kendaraan dalam misi pernyergapan musuh dalam suatu operasi. Konstruksi pipa cukup tangguh menghadapi medan off road ekstrim sekalipun, dan juga sanggup melindungi para prajurit di dalamnya jikalau terbalik / terguling.

Kelebihan dengan rangka ini adalah bobot yang ringan, sehingga mampu bermanuver dengan lincah di hutan, jalan sempit / gang antar gedung dalam perang kota. kekurangannya tentu saja proteksi kepada prajurit yang mudah dan sasaran tembak pada peperangan yang terbuka.

DMV-30T
DMV-30T diawaki oleh 4 personil. Rantis dapat di lengkapin senjata mesin, masing-masing FN Minimi kaliber 5.56 mm disamping pengemudi dan senapan kaliber 7.6 mm dibagian atas pengemudi. Sebagai tambahan dapat pula di lengkapai senjata kaliber 12.7 mm atau senjata pelontar granat 40 mm. bahkan direncanakan mampu membawa rudal jarak dekat milik Korpaskhasau yaitu Rudal QW3 buatan Cina yang mobilitas operatornya semakin tinggi.

Kendaraan ini mampu beroperasi 8 jam, sebagai tambahan terdapat dua tangki eksternal disamping kiri dan kanan badan.

♘ Proses Kelahiran


Prosesnya dimulai dari krisis moneter yang menghantam negara satu dasawarsa lalu. Demikian juga dengan PT-DI yang merasa imbasnya dengan keterpaksaan harus me-PHK terhadap ribuan karyawannya.

Dengan keuletan para pekerja hitech yang bertahan, mencoba mencari solusi untuk menghidupkan perusahaan ini dengan usaha baru sebagai penyedia jasa penelitian dan pengembangan produk berbasis teknologi canggih. Diantaranya Flight Simulator, Marine Simulator, Hovercraft, Vertical Wind Tunnel serta produk Otomotif.

Ketika program Mobnas Maleo terhenti karena krisis moneter, bersama Pindad  mencoba ide membuat "kendaraan aneh". Pindad akhirnya meluncurkan kendaraan penghalau massa "Water Canon MIW-40", serta berhasil me-retrofit kendaraan-kendaraan  tempur milik TNI.

Dengan Sumber daya yang ada, tim Engineering Service (ES) mampu meluncurkan Rantis DMV-30A maupun DMV-30T, dan siap memproduksi 100 unit pertahun bila dipesan oleh TNI.

DMV-30T
DMV-30T
DMV-30T keluar dari pesawat angkut
DMV-30T Uji coba latihan "raid"


Spesifikasi DMV-30 T :

⚜ Panjang : 4,925 mm
⚜ Lebar : 1,960 mm
⚜ Tinggi : 1,900 mm
⚜ Berat Kosong : 1,500 kg
⚜ Mesin : Turbo Diesel Injection 3,000 cc
⚜ Tranmisi : Automatic, 4 speed, 4x4
⚜ Kapasitas Tangki : 60 Liter


☆ DMV-30 A Bravo II

DMV-30A
Dengan suksesnya pengembangan DMV-30T tepat waktu, Paskhas kembali memberikan kepercayaan untuk mengembangkan rantis untuk spesial operasi yang akan digunakan Den Bravo 90. Sekali lagi dalam waktu singkat, tiga bulan, proyek rantis yang diberi nama DMV-30 A (Armored)  selesai digarap.

Bila dilihat lebih dalam, purwarupa rantis DMV-30A ini menyerupai rantis SSE lainnya, P2 V1. Tak lain karen Global Design Centre (GDC) ikut andil pada proses pembuatan rantis SSE tersebut di Tanggerang. Kontrak kerjasama berakhir pada Agustus 2007, Berdasarkan pengalaman tersebut, Pihak GDC mengembangkan rantis DMV-30A ini lebih sempurna, baik desain maupun engineering.

♞ Minimalis yang maksimal

Bila dilihat desain DMV-30A terlihat minimalis dengan perpaduan panjang berbentuk persegi dan tajam. Namun kalo lebih teliti rantis ini dibuat desain yang maksimal. Potongan baja yang rapi dan Halus, karena pemotongannya terkomputerasi mengunakan teknik potong laser.

Pada eksterior, dari depan terdapat winch, lalu radiator pendingin mesin berada di engine hood dan samping kiri kanan diatas roda depan. Pada Bodi samping terdapat plat baja multiguna yang dapat dipakai maupun dilepas. Selain sebagai tempat menyimpan aksesoris tambahan sesuai kebutuhan pengguna, seperti antena komunikasi, granat asap, serta peralatan pionir, dan bisa sebagai proteksi ganda terhadap terjangan proyektil lawan. Bagian belakang terdapat 2 tangki tambahan eksternal agar radius jarak tempur semakin jauh jelajahnya.

Pada bagian atas terdapat dua lubang palka untuk gunner dan juga berfungsi sebagai pintu darurat. Sedangkan interior, desain kabin menyerupai pesawat terbang. Penuh dengan instrumen diatas antara kepala pengemudi dan penumpang depan. serta alat komunikasi diatas console box. Begitu juga pada panel pintu dalam, tulangan sebagai reinforce dan engsel pintu terlihat unik namun fungsional, serta terdapat kantong serbaguna berjajar tiga buah.

♞ Perlengkapan Persenjataannya

Perlengkapannya bisa beragam, tergantung misi maupun kebutuhannya. Dudukan senjata diatas bisa dipasang senjata mesin kaliber 7,6 mm ataupun kaliber 12,7 mm, pelontar granat otomatis 40 mm hingga peluncur rudal antitank.

sebagai perlindungan tambahan disediakan lobang tembak dari dalam untuk senapan 5,6 mm berjumlah empat titik, dibawah kaca jendela depan dan belakang, maupun samping kiri kanan. Untuk sementara PT-DI baru mendesain DMV buat kapasitas 4 personil versi komando, kedepan akan dibuatkan versi panjang buat angkut pasukan (APC). Dari kedua tipe ini pula nantinya bisa di desain untuk jenis ambulance, scout, Commob (Comuncation mobile). Selain memenuhi kebutuhan Korpaskhasau, PT DI siap menerima pesanan dari kesatuan TNI lainnya.

DMV-30A

Spesifikasi DMV-30A :

⚜ Panjang : 4,009 mm
⚜ Lebar : 1,900 mm
⚜ Tinggi : 1,781 mm
⚜ Berat Kosong : 3,300 kg
⚜ Mesin : Turbo Diesel Injection, 2,500 cc
⚜ Transmisi : Manual Operastion, 4 speed
⚜ Kapasitas Tangki : 140 Liter


☢ artikel di ringkas dari Angkasa ☢
semua foto dari formil kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...