Senin, 11 Februari 2013

Indonesia Akan Kirim Batalyon ke Sudan

Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-C/United Nation Interim Force in Lebanon (UNIFIL) berbaris sebelum pelepasan keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda-367 di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/9).Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sudan, Omar Hassan di sela-sela kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-12 di Kairo, Mesir, Rabu (6/2) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Presiden SBY menyampaikan kesiapan batalyon RI untuk membantu menjaga keamanan di wilayah Sudan.

"Dalam pertemuan kemarin saya sampaikan komitmen Indonesia sebagai bagian peace keeping di Sudan. Sekarang ada satu batalyon yang akan kami siapkan untuk memenuhi permintaan PBB untuk menggantikan batalyon Thailand yang katanya sudah selesai dan kembali ke Tanah Air nya," ungkap Presiden SBY kepada wartawan dalam perjalanan udara dari Kairo menuju Jakarta, Kamis (7/2) siang.

Dalam pertemuan bilateral, Presiden SBY juga mendengarkan paparan Presiden Omar Hassan mengenai masa transisi politik yang terjadi di Sudan. Presiden Omar Hassan mengungkapkan soal situasi keamanan Sudan yang belum kondusif dan hubungan dengan Sudan Selatan yang belum stabil. Sebelumnya pada tahun 2012 lalu, sambung SBY, Menteri Luar Negeri Sudan pernah mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, Menlu Sudan menuturkan sulitnya upaya rekonsiliasi dengan Sudan Selatan.

Saat itu Menlu Sudan bahkan meminta pandangan Presiden SBY terkait upaya rekonsiliasi yang pernah dialami Indonesia. "Mereka juga menyampaikan tidak mudahnya hubungan untuk rekonsiliasi dengan Sudan Selatan dan bahkan minta pandangan saya waktu Indonesia melakukan rekonsiliasi dengan Timor Leste dan masalah Aceh pada waktu itu. Dengan menjelaskan apa yang dilakukan Indonesia, mereka merasa ada pendamping dan mendapat inspirasi apa yang bisa dilakukan," papar SBY.

Presiden SBY menambahkan, peluang kerja sama ekonomi dengan Sudan sangat besar. Negara di Benua Afrika tersebut kaya dengan minyak dan gas. Presiden SBY mendorong KADIN dan pengusaha Indonesia, serta menteri terkait untuk menjalin kerja sama bisnis dengan Sudan. "Apalagi kita juga negara yang mengirimkan militer dan polisi kita untuk membantu mengatasi gangguan dan ancaman keamanan. Saya kira fair kalau kita juga dapat peluang bisnis dan kerjasama untuk itu," pungkas SBY.

  Jurnas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...