Kamis, 19 September 2013

KRI TSR-542 selamatkan 6 ABK KM. Sinar Mas yang tenggelam

Dihantam ombak besar dan tenggelam di perairan Kaltim

KRI TSR-542 selamatkan 6 ABK KM. Sinar Mas yang tenggelam - Dihantam ombak besar dan tenggelam di perairan Kaltim - KRI Teluk sangkulirang Selamatkan 6 ABK KM. Sinar Mas
KRI 542 Teluk Sangkulirang
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Sangkulirang (TSR)-542 dari jajaran Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) telah berhasil menyelamatkan enam orang Anak Buah Kapal (ABK) KM. Sinar Emas yang dihantam ombak besar dan tenggelam disekitar perairan Kalimantan Timur, belum lama ini, Selasa (17/9).

KM. Sinar Emas yang saat itu membawa 30 ton solar bertolak dari Pelabuhan Derami Tarakan sekitar pukul 04.15 waktu setempat dalam kondisi cuaca baik dan belum ada tanda-tanda cuaca bakal memburuk.

Namun, setelah lima belas menit kapal bertolak, kapal yang dinahkodai Asman tersebut mengalami goncangan hebat karena ditiup angin sangat kencang. Pada saat itu, nahkoda kapal sudah sempat memutar haluan untuk kembali ke Tarakan. Tapi ombak setinggi 1,5 meter yang menghantam lambung kanan kapal, sulit kiranya sang nahkoda menyelamatkan kapal, dan akhirnya kapal pun tenggelam.

Ketika itu KRI TSR yang dikomandani Mayor Laut (P) Adi Sunaryo yang sedang melaksanakan patroli di wilayah perairan Timur Indonesia, tepat dekat dengan lokasi kejadian, segera melaksanakan pertolongan kepada para ABK kapal tersebut.

Begitu kapal berada di lokasi kejadian, kondisi para korban seluruhnya sudah jatuh di laut. Maka pada saat itu juga, Komandan KRI TSR-542 segera memerintahkan untuk memberikan pertolongan korban jatuh di laut. Kemudian tidak membutuhkan waktu terlalu lama, semua ABK berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat.

“Setelah berhasil menyelamatkan para korban, kita juga beri tindakan medis dengan memeriksa kondisi seluruh korban yang dilakukan oleh bintara kesehatan kapal. Selanjutnya kita beri makan, pakaian, dan tindakan selanjutnya para korban akan dibawa ke pangkalan TNI AL terdekat,” kata Komandan KRI TSR.

  Lensa Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...