Kamis, 14 Mei 2015

Latihan Kesiapan Tahun 2015 di Perairan Balikpapan

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Menggelar Latihan Kesiapan tahun 2015 yang digelar di perairan Balikpapan Kalimantan Timur.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta menguji kesiapan operasional Koarmatim dan jajarannya dalam menghadapi tugas penanggulangan aksi teror untuk mewujudkan keamanan di laut dan dalam rangka terwujudnya kesiapan operasional Koarmatim yang tinggi.

Adapun skenario latihan yaitu adanya kelompok pengganggu keamanan yang beraksi di daerah Sulawesi, kemudian mereka melarikan diri dan membajak kapal di Selat Makassar.

Dalam latihan manuver lapangan kesiapan pengendalian anti teror kali ini disimulasikan telah terjadi pembajakan oleh sekelompok pembajak yang telah menguasai MT Permina II yang saat ini diperankan oleh KRI Makasar – 590 pada posisi perairan Balikpapan.

Dengan adanya informasi tersebut, Pangarmatim menerima Taklimat Rencana Operasi menjadi Perintah Operasi oleh Panglima TNI.

Berdasarkan Taklimat tersebut Pangarmatim memerintahkan Satuan Komando Pasukan Katak dan unsur-unsur gelar yang sedang melaksanakan patroli di perairan Balikpapan untuk melaksanakan shadowing dan penindakan.

Usai Pelaksanaan Latihan Wakil Komandan Komando dan pendidikan latihan (Kodiklat) Mabes TNI Brigjen TNI Heronimus Guru, menjelaskan dalam keterangan persnya dalam latihan ini bisa berjalan dengan baik dan paling tidak dapat terintegrasi antara TNI dan Polri serta peran serta pemerintah, instansi terkait dan wadan Kodiklat TNI juga sangat menghargai partisipasi dari seluruh satuan yang ada di Kalimantan Timur.

Selain itu juga meberikan apresiasi kepada Pangarmatim dan jajaranya yang telah terpanggil untuk turut serta berperan aktif dalam keamanan diwilayah perairan yuridiksi Nasional yang bertugas pokok sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang TNI No. 34 tahun 2004.

Peserta latihan kesiapan melibatkan unsur KRI diantaranya KRI Makassar, KRI Kihajar Dewantara, KRI Keris, KRI Birang, Combat Boat, empat Sea Rider, satu pesawat Cassa, satu Hely Bell dan satu Hely Bolco dari Skadron 400 Juanda, lima Tim Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim serta didukung dari personil Lanal Balikpapan dan seluruh personil KRI yang terlibat.

Selain itu yang tergabung dalam latihan ini melibatkan pemerintah Kalimantan Timur meliputi personil dari Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Pol Airud, Dinas Kesehatan, serta dari Dinas Kesehatan, Tim Basarnas, Tim DVI, Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dibawah Dinas Sosial Kalimanatan Timur.

Usai pelaksanaan latihan dilanjutkan Parade kendaraan dan sailing pass yang diikuti dari beberapa KRI diantaranya KRI Kihajar Dewantara, KRI Keris, KRI Birang serta didukung dari dua kapal dari Satpol Airud, Tugboat, Patkamla Lanal Balikpapan.

Hadir dalam Latihan Kesiapan Operasional Koarmatim Dirlat Kodiklat TNI Brigjen TNI Surawahadi, Komandan Puslat Kodiklat TNI Marsma TNI Wahyudi Sumarwoto beserta tim dari Kodiklat, Komandan Lantamal VI Makasar Laksma TNI Rudito, H.P, Asops Pangarmatim Kolonel Laut (P) Maman Firmansah, Komandan Satgas latihan Kolonel Laut (P) Suhartono, Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo, Komandan Satuan Pasukan Katak Koarmatim Pejabat dari TNI dan Muspida dan Muspika Kalimantan Timur yang hadir serta instansi terkait.

Usai pelaksanaan latihan Wadan Kodiklat TNI memberikan cinderamata kepada Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo dan kepada GM Pelindo area 4 Balikpapan, sekaligus dilaksanakan Upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh Wadan Kodiklat TNI dan bertindak sebagai Komandan Upacara Komandan Satgas latihan Kolonel Suhartono serta dilanjutkan penyerahan piagam dari perwakilan peserta latihan.


  Lanal  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...