Selasa, 06 Juni 2017

Rusia-Indonesia Finalisasi Kontrak Pembelian Jet Tempur Su-35

Direktur Kerja Sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Viktor Kladov mengatakan bahwa Rusia-Indonesia telah menyetujui kontrak pembelian jet tempur Su-35 oleh Indonesia.Mencari Pengganti F-5E Tiger TNI AUMelalui perusahaan negara Rostec, Rusia telah memfinalisasi kontrak dengan Indonesia terkait pengiriman jet tempur canggih Su-35, kata Direktur Kerja Sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Viktor Kladov.

"Kontraknya telah disetujui (kedua pihak)," ujar Kladov, seperti yang diberitakan Sputnik, Selasa (6/6).

Seorang pejabat di Layanan Federal untuk Kerja Sama Teknik-Militer Rusia (FSMTC) mengatakan pada bulan Maret bahwa kedua negara sedang mengadakan negosiasi terkait isi kontrak pengiriman jet tempur tersebut.

Pada Februari lalu, Kladov mengatakan bahwa kontrak pengiriman Su-35 untuk Indonesia diharapkan akan ditandatangani dalam beberapa bulan mendatang. Sempat tersiar kabar bahwa negosiasi harga dan transfer teknologi menjadi batu sandungan dalam keputusan pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 oleh Indonesia.

Pengamat mengatakan bahwa Su-35 merupakan senjata yang dapat memperkuat pasukan Indonesia, dan tergolong unggul di panggung militer Asia Tenggara.

Sebagian besar analis dari Barat sepakat bahwa Su-35 adalah pesawat nonsiluman paling kuat dan dapat mengalahkan semua pesawat tempur barat kontemporer, kecuali pesawat siluman F-22. Namun, F-22 dibanderol seharga 350 juta dolar AS (4,6 triliun rupiah) per pesawat, sementara Su-35 dibanderol seharga 65 juta dolar AS.

   RBTH  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...