Sabtu, 01 Juli 2017

[Dunia] Kapal Induk Baru Inggris Hanyalah Sasaran Empuk di Lautan

Kapal induk terbaru AL Inggris HMS Queen Elizabeth di galangan kapal Rosyth, Skotlandia.[telegraph]

Peluncuran kapal induk terbaru AL Inggris HMS Queen Elizabeth ternyata menarik perhatian pemerintah Rusia yang langsung memberi komentar.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan HMS Queen Elizabeth merupakan sasaran laut yang sangat empuk karena diibaratkan sebagai ratu lebah yang tak mampu mempertahankan diri tanpa bantuan kapal-kapal perang lainnya.

"Tak seperti kapal induk Admiral Kuznetzov, kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth hanyalah sebuah sasaran laut yang sangat empuk," kata juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov.

"Kapal itu sama dengan ratu lebah. Kapal Inggris itu hanya mampu mengeluarkan pesawat terbang dari perutnya, sementara dia harus dilindungi sederet kapal perang, kapal logistik, dan kapal selam," tambah Konashenkov.

Pernyataan Rusia ini dikeluarkan setelah Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan, Rusia akan iri dengan kapal induk berbobot 65.000 ton itu.

"Jika Anda lihat kapal Admiral Kuznetzov yang tua berlayar melintasi Selat Channel beberapa bulan lalu, saya kira Rusia akan sedikit iri saat melihat kapal baru kita," kata Fallon kepada harian The Telegraph.

HMS Queen Elizabeth menjalani uji coba pelayaran perdana pada Senin (26/6/2017) tetapi baru akan resmi bertugas pada 2021.

  ⚓ Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...