Minggu, 16 Juni 2024

Anggaran Kemenhan Tahun 2025 Rp 155 Triliun

💰 Naik Hampir Rp 16 Triliun dari 2024OPV Thaon di Revel class ketika berkunjung ke Indonesia, setelah resmi ditawarkan, dalam hitungan bulan, Kemhan menandatangani kontrak pengadaan 2 unit Kapal OPV. dimana salah satunya diberitakan akan hadir tahun ini. (Dispenal)

Komisi I DPR RI menyebut bahwa pagu indikatif Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk Tahun Anggaran (TA) 2025 sebesar Rp 155 triliun.

"Anggarannya Rp 155 triliun di Kementerian Pertahanan, yang tertinggi. Kemudian, di Angkatan Darat Rp 54 triliun, Angkatan Laut sekitar Rp 20 triliun, Angkatan Udara sekitar Rp 18 triliun. Kemudian, Mabes TNI atau Panglima TNI Rp  9,3 triliun,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto dikutip dari Antaranews, Kamis (13/6/2024).

Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut perihal alokasi dari anggaran itu. Sebab, rapat kerja pembahasan anggaran yang sempat digelar terbuka pada Rabu (12/6/2024) tersebut, akhirnya diputuskan berlangsung tertutup.

Rapat kerja Komisi I DPR itu dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal Tonny Harjono, dan Wakil KSAL Laksamana Madya Erwin S. Aldedharma.

Ketua Komisi I Meutya Hafid menjelaskan bahwa rapat itu digelar tertutup karena pembahasan rencana kerja anggaran (RKA) dan rencana kerja pemerintah (RKP) Kemenhan 2025.

"Karena rapat ini bersifat anggaran, yang tentunya menyangkut alutsista (alat utama sistem persenjataan), maka rapat ini biasanya dilakukan secara tertutup," ujar Meutya Hafid, Rabu.

Sementara itu, Wamenhan Herindra mengatakan, ketidakhadiran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, karena sedang mengikuti konferensi tingkat tinggi "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza”.

Sebagaimana diketahui, pagu anggaran Kemenhan untuk Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp 139,1 triliun sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dari total anggaran tersebut, sebesar Rp 43,02 triliun untuk belanja alutsista.

Oleh karenanya, jika dibandingkan dengan pagu indikatif tahun 2024, Anggaran Kemenhan naik hampir Rp 16 triliun pada tahun 2025.
 

 
Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...