Sabtu, 22 Maret 2014

Puluhan KRI dan Kapal Perang Negara Sahabat Manuvra Lapangan di Kepri

TNI Angkatan Laut dan negara-negara dari ASEAN dan ASEAN plus akan mengerahkan lebih dari 30 kapal perang berbagai type dan jenis menggelar latihan bersama di perairan Batam serta Kepulauan Anambas dan Natuna dalam rangka Latma Multilateral Komodo 2014, Jumat (21/3). Bertindak selaku Direktur Latihan Multilateral Komodo 2014 adalah Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr Amarulla Octavian, ST, MSc, DESD yang sehari-hari menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlaarmabar).

Sejumlah kapal perang TNI AL terdiri dari berbagai jenis dan type diantaranya Sigma, Fregat, Parchim, Froch, LPD, LST, Patroli Cepat, BCM, Angkut Pasukan dan Kapal Rumah Sakit.

Kapal perang tersebut antara lain KRI jenis Parchim yaitu KRI Teuku Umar-385, KRI Imam Bonjol-383 dan jenis Froch KRI Teluk Celukan Bawang-532, jenis kapal cepat KRI Alamang-643, dan kapal patroli KRI Sembilang-850, KRI Matacora-823, dan KRI Tarihu-829.

KRI jenis Sigma KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Sultan Hasanuddin-366, jenis perusak kawal rudal KRI Oswald Siahaan-354, KRI Yos Soedarso-353, jenis BCM KRI Arun-903, jenis LST KRI Teluk Banten-516, jenis LPD KRI Makassar-590, jenis TD KRI Soputan-923 dan kapal rumah sakit KRI dr. Soeharso-990.

KRI jenis froch KRI Teluk Hading-538, KRI Teluk Parigi-539, dan jenis kapal angkut pasukan KRI Nusanive-973 akan difungsikan sebagai messing bagi personel yang terlibat kegiatan di Batam.

Sementara itu kapal perang negara-negara peserta Latma Multilateral Komodo 2014, direncanakan akan hadir di perairan Batam antara lain dari Brunai KDB Darulehsan, China Plan Mount Changbai, India INS Sukanya, Jepang JDS Akebono, Malaysia KD Mahawangsa, Philipina BRP Ramon Alcaraz, Thailand HTMS Narathiwat, Vietnam VPN Khanh Hoa, Amerika USNS Cesar Chaves serta Rusia mengirimkan tiga kapal yaitu Battleship, Tanker dan Tugboat. Selain itu juga akan dihadiri para Kepala Staf Angkatan Laut, para Athan Negara Peserta, dan Panglima Armada Tujuh Amerika.

Sejumlah kapal perang TNI AL dan kapal perang negara peserta yang terlibat dalam Latma Multilateral Komodo 2014 ini pada akhir bulan maret 2014 akan melaksanakan lego jangkar di perairan Dermaga Batu Ampar Batam. Selama kegiatan di Batam akan dilaksanakan kegiatan acara pembukaan latihan dan festival maritim yang akan melibatkan peserta dan delegasi dari negara peserta Latma Multilateral Komodo 2014.

Selanjutnya akan dilaksanakan manuvra lapangan dari perairan Batam terbagi dalam tiga divisi yang terdiri dari Kapal perang TNI AL dan kapal perang Negara peserta menuju Sabang Mawang Natuna, Jemaja dan Tarempa Kepulauan Anambas


  ■ POL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...