Rabu, 13 April 2016

[RIP] Helikopter Rusia jatuh di Suriah

http://img.antaranews.com/new/2016/04/ori/20160412Mil-Mi28-heli2.jpgIlustrasi - Helikopter Mi-28 (www.youtube.com)

Sebuah helikopter militer Mi-28N Night Hunter milik Rusia jatuh di Suriah pada Selasa pagi waktu setempat sehingga menewaskan dua orang pilot, demikian keterangan Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian tersebut menjelaskan bahwa penyebab jatuhnya helikopter di Provinsi Homs tersebut tidak dikarenakan oleh tembakan pihak musuh. Kementerian Pertahanan Rusia mengaku belum mengetahui dengan pasti penyebabnya.

"Sekelompok pakar tengah berada di lokasi kejadian untuk menyelidiki insiden ini," kata kementerian itu dalam pernyataan tertulis seperti dilaporkan Reuters. Dua jenazah pilot sudah diterbangkan ke pangkalan udara Rusia di Hmeymim yang terletak di Provinsi Latakia.

Pada 14 Maret lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan penarikan mundur sebagian besar anggota militer di Suriah.

Sekitar setengah dari semua pesawat Rusia yang ditempatkan di Suriah terbang meninggalkan negara tersebut beberapa hari setelah pengumuman dari Putin.

Namun demikian, Rusia terus mengirim bantuan militer dalam jumlah signifikan kepada Suriah. Sejumlah pengamat juga menyatakan bahwa Kremlin hanya mengubah strategi militer mereka di Suriah dengan menitik beratkan pada helikopter untuk mendukung pasukan darat rezim Presiden Bashar al Assad.

Helikopter Mi-28--yang mempunyai kemampuan yang sama dengan helikopter Apache milik Amerika Serikat--terlibat dalam operasi pemerintah Suriah saat mengusir kelompok bersenjata ISIS dari kota kuno Palmyra pada bulan lalu.

Jatuhnya pesawat Rusia pada Selasa adalah insiden ketiga sejak Moskow terlibat dalam perang di Suriah. Pada November tahun lalu, Turki menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi-24 di dekat wilayah perbatasan. Tidak lama setelah insiden itu, sebuah helikopter dengan misi penyelamatan pilot Sukhoi-24 dihancurkan oleh sekelompok gerilyawan saat mendarat. (UU.G005)

 ♖ antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...