Senin, 15 Agustus 2016

KRI SHN 366 Akan Latihan Kakadu 2016

Latihan bersama dilaksanakan setiap dua tahunKRI SHN 366 [Dispenal]

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto,S.H.,M.A.P menerima laporan Rencana Garis Besar Kakadu Exercise 2016, berlangsung di Gedung Candrasa Koarmatim Ujung, Surabaya Senin (15/8/2016.

Dalam latihan yang bertaraf internasional tersebut, Komandan KRI Sultan Hasanuddin (SHN)-366 Letkol Laut (P) Sandharianto selaku Komandan Satgas (Dansatgas) memaparkan tentang rencana Latihan Kakadu 2016 yang akan dilaksanakan pada bulan September 2016, dan diselenggarakan oleh Royal Australian Navy (RAN) selaku tuan rumah, merupakan latihan bersama setiap dua tahun sekali.

Adapun tugas pokok dalam latihan ini, Indonesia akan menugaskan KRI SHN-366 dan pesawat CN 235 untuk menuju Australia melalui Lintas Laut (Linla) dari Surabaya – Kupang – Darwin, dilanjutkan melaksanakan serial Ex. Kakadu 2016 di perairan utara Australia dan kembali ke Pangkalan Surabaya dalam rangka latihan multilateral Angkatan Laut Kawasan Asia Pasifik.

Latihan ini memiliki tujuan yaitu untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dan negara-negara peserta latihan, meningkatkan interoperability dalam maritime security regional pada operasi multilateral. Sedangkan sasaran latihan Kakadu 2016, yaitu untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara negara peserta latihan dalam menjaga stabilitas keamanan regional, meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pemahaman prosedur dan taktik operasi laut, serta mengembangkan prosedur maritime security berdasarkan Standar Operational Prosedure (SOP) untuk pemeriksaan di laut dan Search and Rescue (SAR).

Keikutsertaan TNI Angkatan Laut dalam latihan Kakadu 2016 akan diikuti oleh Angkatan Laut dari beberapa negara diantaranya, Australia, Canada, Perancis, Jepang, New Zealand, Papua New Guinea, Pakistan, Singapura, dan Amerika Serikat.

Hadir dalam paparan tersebut, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M, para Pejabat Utama Koarmatim dan para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim.

Kadispenarmatim
Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.
 

  Koarmatim  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...