Rabu, 06 Maret 2013

Informasi Sebagai `Senjata`

rakernas-subJAKARTA | Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, telah mendorong perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, yaitu dengan terbentuknya masyarakat yang semakin transparan dan terbuka. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut telah memunculkan fenomena yaitu dipergunakannya informasi sebagai senjata, dimana sebuah serangan bukanlah berbentuk fisik, tetapi visual dan maya.

Demikian dikatakan Kadispenau Marsma TNI Azman Yunus pada Rakernis Penerangan TNI AU yang diikuti oleh personel jajaran penerangan Tingkat Kotama dan Lanud, di Balai Wartawan Dispenau Jakarta, Rabu (6/3).

Rakernispenau bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja yang optimal antara Dispenau dengan para Kapen dan Kapentak di jajaran TNI Angkatan Udara, dengan harapan hasilnya dapat dijadikan pedoman bagi para Perwira Penerangan dalam penyelenggaraan tugas di satuan.

Dispenau sebagai ujung tombak dalam membangun citra positif  TNI AU, menyadari tentang pentingnya peran informasi tersebut. Pemberitaan dan pembentukan opini publik ditujukan untuk menciptakan citra dan persepsi positip masyarakat tentang TNI Angkatan Udara. Hal ini disebabkan karena sifat dari arus informasi yang cepat, dan menjangkau seluruh wilayah tanpa mengenal batas.

Dalam upaya meningkatkan citra positif Angkatan Udara, Dispenau telah berupaya melakukan publikasi melalui media massa baik cetak maupun elektronik. Tidak hanya dengan membuat release berita, tetapi juga mengundang wartawan untuk langsung meliput obyek-obyek Angkatan Udara yang akan dipublikasikan, hal ini dilakukan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas informasi.

Dengan kesamaan pemahaman dan adanya batasan dan kriteria yang jelas tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh diliput tentunya akan lebih memudahkan kegiatan peliputan oleh wartawan”, ungkap Kadispenau.

Sementara itu DR Rajab Ritonga MSi, Dosen Universitas Multimedia Nusantara dalam paparannya tentang Agenda Setting Media membahas komunikasi, media massa, jurnalisme dan agenda media mengungkapkan, Agenda Media adalah isu-isu yang dibahas dalam media yang berinteraksi dengan apa yang dipikirkan masyarakat.

Agenda publik berinteraksi dengan pembuat kebijakan yang mempengaruhi agenda masyarakat dan berpengaruh pada agenda kebijakan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara
Marsekal Pertama TNI Azman Yunus

Teks Gbr- Kadispenau Marsma TNI Azman Yunus menyerahkan cenderamata kepada DR  Rajab Ritonga MSI seusai memberikan paparan dalam acara Rakernispenau yang berlangsung di Balai Wartawan Dispenau Jakarta, Rabu (6/3). (dispenau)


  ● Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...