Selasa, 08 Oktober 2013

Kompas TV Tayangkan Perjalanan KRI Dewaruci Keliling Dunia

JAKARTA - Kompas TV akan menayangkan program The Great Journey of Dewaruci pada 8 Oktober 2013. Tayangan ini berisi perjalanan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci keliling dunia, di mana tim Kompas TV ikut di dalamnya.

KRI Dewaruci resmi menjadi kapal latih TNI Angkatan Laut pada tahun 1952. Kapal ini sudah membawa Taruna TNI AL menempuh puluhan pelayaran menyeberangi samudera, bahkan dua kali keliling dunia, pada tahun 1964 dan 2012.

Tim Kompas TV ikut dalam pelayaran dan meliput berbagai momen penting dan bersejarah dalam perjalanan keliling dunia KRI Dewaruci terakhir pada tahun 2012. Perjalanan terakhir ini bertujuan menghadiri Opsail 2012 dan Pelatihan Kadet Kadet TNI AL.

"Kapal kebanggaan, sebagai fungsi simbol yang bisa menyatukan dan menata visi kita menjadi bangsa besar," kata Kepala Dinas Penerangan TNI-AL (Kadispenal) Laksamana Pertama Untung Suropati, saat peluncuran tayangan The Great Journey of Dewaruci, Jumat (4/10/2013), di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta.

Untung mengatakan, kapal dengan 16 layar dan 1 mesin penggerak ini merupakan kapal latih tertua di Asia Tenggara, yang pernah mengelilingi dunia sebanyak dua kali. Ia juga mengatakan, kapal ini akan tetap digunakan hingga armada baru yang lebih panjang, lebih besar, sehingga bisa lebih besar daya tampungnya, datang memperkuat armada Angkata Laut Indonesia pada tahun 2016 nanti.

"Dewaruci tidak akan dibiarkan tenggelam dan usang, hingga kapal baru akan hadir memperkuat armada AL. Lebih panjang, lebih besar, dua kali dari pada Dewaruci, pada tahun 2016 nanti," kata Untung.

Tim Kompas TV, ikut berlayar bersama awak KRI Dewaruci 2012 selama lebih dari enam bulan. Rekaman berbagai momen dramatis di atas kapal terangkum dalam The Great Journey of Dewaruci, yang akan mulai ditayangkan Kompas TV pada Selasa, 8 Oktober 2013, pukul 20.00-21.00 WIB.


Ingin melihat Kompas TV via indostremix, silahkan Klik : http://www.indostreamix.com/2012/06/kompas-tv-live-streaming.html

  Kompas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...