Jumat, 14 Maret 2014

Indonesia - Kanada Tingkatkan Kerjasama

Jakarta Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin, Kamis (13/3), menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Kanada untuk Indonesia, HE Mr Donald Bobiash di Kemhan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Wamenhan memaparkan beberapa hal yang berhubungan dengan upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara terutama dalam upaya modernisasi Alutsista TNI.

Dibahas pula mengenai kemungkinan peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara di bidang capacity building (peningkatan kapasitas). Hal itu juga merupakan hal yang dibicarakan saat kunjungan Wamenhan ke Kanada. Upaya peningkatan kapasitas ini dapat melalui kerjasama bagi personel Angkatan Bersenjata kedua negara terutama personel TNI AU.

Dalam pertemuan ini, juga dibicarakan tindak lanjut dari kunjungan Wamenhan ke Kanada tahun lalu, saat menemui Wamenhan Kanada dan pihak-pihak lain dalam upaya modernisasi alutsista serta peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan kedua negara.

Wamenhan juga menekankan mengenai kemungkinan peningkatan kapasitas SDM dalam bidang Pelatihan bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian. Pembicaraan lanjutan mengenai kerjasama capacity building ini akan dilakukan lebih lanjut oleh Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI FHB Sulistyo yang mendampingi Wamenhan saat menerima kunjungan Dubes Kanada.

Dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara ini, posisi Duta Besar sangat penting karena kerjasama ini selalu diarahkan kepada skema kerjasama Govenment to Government. Duta Besar disini merupakan focal point dalam kemajuan area-area kerjasama yang sedang diupayakan dibangun. Kementerian Pertahanan akan bekerjasama penuh dalam proses ini terutama dengan Duta Besar Kanada yang ada di Jakarta.

Dubes Donald Bobiash kepada Wamenhan menjelaskan bahwa dirinya selama ini juga berusaha memfasilitasi dan mengikuti perkembangan kerjasama pertahanan kedua negara di bidang modernisasi alutsista dan industri pertahanan. Dirinya berharap kerjasama kedua negara di bidang pertahanan ini berkembang menjadi kerjasama jangka panjang yang harmonis.

Usai pertemuan Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI FHB Sulistyo yang mendampingi Wamenhan saat menerima kunjungan Dubes Kanada menjelaskan bahwa kerjasama dalam bidang pertahanan antara kedua negara akan semakin ditingkatkan terutama dalam konteks capacity building dan upaya modernisasi Alutsista.


  ♞ DMC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...