Selasa, 29 Juli 2014

[World News] Obama Perintahkan Gencatan Senjata Israel – Hamas

Presiden AD Barack Obama dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu bersiap untuk konferensi pers di Oval Office ,White House in Washington, Senin, 30 September 2013 (photo credit: AP/Charles Dharapak)Presiden AD Barack Obama dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu bersiap untuk konferensi pers di Oval Office ,White House in Washington, Senin, 30 September 2013 (photo credit: AP/Charles Dharapak)

Presiden AS Barack Obama mendesak gencatan senjata kemanusiaan di Gaza tanpa prasyarat, dengan tujuan kesepakatan permanen untuk mengakhiri permusuhan, yang disampaikan dalam pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu hari Minggu.

Obama menegaskan hak Israel untuk mempertahankan diri, dan pelucutan senjata kelompok Hamas di Gaza serta dilakukannya demiliterisasi di Jalur Gaza sebagai bagian dari kesepakatan perdamaian abadi.

“Presiden membuat perintah strategis untuk melembagakan gencatan senjata kemanusiaan tanpa syarat, yang mengakhiri permusuhan sekarang dan mengarah ke penghentian permanen permusuhan berdasarkan perjanjian gencatan senjata November 2012,” kata pernyataan Gedung Putih. “Presiden menegaskan kembali dukungan AS ‘untuk inisiatif Mesir, serta koordinasi regional dan internasional untuk mengakhiri permusuhan.”

Telepon itu datang sehari setelah para pejabat Israel dan opini publik Israel berbalik melawan upaya Amerika untuk mencapai gencatan senjata, menyusul laporan bahwa proposal yang didorong oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry mematahkan usulan yang diajukan oleh mediator Qatar dan Turki, dan dipandang sebagai negosiasi atas nama Hamas. Kabinet keamanan Israel dengan suara bulat menolak usulan Kerry pada Jumat malam.

Tanpa resmi mengakui gencatan senjata, para pejabat Israel memperlihatkan sikap pada hari Minggu, militer menahan diri dari menyerang target di Gaza selama tiga hari liburan Idul Fitri mulai Senin, kecuali untuk menangkis serangan roket atau sebagai tanggapan atas serangan roket yang sedang berlangsung.

Dalam panggilannya kepada Netanyahu, Obama berbicara tentang perlunya untuk memberlakukan “gencatan senjata yang berkelanjutan yang memungkinkan warga Palestina di Gaza untuk menjalani kehidupan normal dan juga untuk pembangunan jangka panjang Gaza dan kebutuhan ekonomi, sekaligus memperkuat Otoritas Palestina.” Dia mengatakan bahwa, pada akhirnya , “solusi abadi apapun bagi konflik Israel-Palestina harus memastikan pelucutan senjata kelompok Hamas dan demiliterisasi Gaza.”

Obama juga menegaskan Washington “mengutuk keras” roket dan terowongan serangan Hamas terhadap Israel dan menegaskan kembali Israel akan “hak untuk membela diri.” Pada saat yang sama, Presiden juga menegaskan pemerintah AS merasakan “keprihatinan serius” tentang meningkatnya jumlah korban warga sipil Palestina dan hilangnya nyawa Israel, “serta situasi kemanusiaan yang memburuk di Gaza,” yang disampaikan lewat pernyataan Gedung Putih.

Perintah Obama untuk gencatan senjata tanpa syarat langsung direspon Wakil Menteri Luar Negeri Tzachi Hanegbi yang mengatakan bahwa AS telah memberi Israel 20 hari untuk melaksanakan Operasi Protective Edge, dan menekankan, meskipun mengkritik proposal John Kerry, Amerika “adalah salah satu negara yang baik. “Dia juga mengatakan, bahwa” dengan segala hormat kepada Presiden Obama, “jika Hamas tidak menghentikan serangan-nya, maka Israel juga tidak akan mampu melakukannya dengan baik. Hanegbi mengatakan perintah Obama untuk demiliterisasi Gaza, bisa membantu Israel dalam negosiasi mendatang.

Danny Danon dari pantai Likud, yang dipecat dari jabatannya sebagai Wakil Menteri Pertahanan awal bulan ini, mengatakan Israel membutuhkan waktu dari tuntutan yang datang dari Washington. “Kita perlu gencatan senjata dari Obama dan pemerintah Amerika. Sama seperti AS memerangi Taliban, kita harus terus melawan Hamas dan menghancurkan infrastruktur terowongan,“ kata Danon, menambahkan bahwa Israel harus mengabaikan tekanan yang muncul dan melihat keluar untuk kepentingan sendiri.

Sementara itu, seorang pejabat senior AS mengatakan, proposal proposal gencatan senjata yang dikeluarkan oleh Kerry, dan ditolak dengan suara bulat oleh kabinet Israel, hanya rancangan rahasia yang akan digunakan untuk musyawarah dan tidak menyerah kepada tuntutan Hamas. Kerry berbicara kepada para pendukung Hamas, Qatar dan Turki yang memiliki pengaruh lebih besar atas Hamas dan organisasi lainnya, katanya.

Pejabat itu juga menyerang keras laporan Israel yang mengkritik menteri luar negeri AS yang memperjuangkan proposal perdamaian yang dikatakan terlalu murah hati kepada Hamas tetapi mengabaikan kebutuhan keamanan Israel. Beberapa radio, TV dan outlet internet pada Jumat malam mengutip sumber-sumber pejabat Israel yang menuduh Kerry telah menyerah kepada Hamas dalam upaya gencatan senjata.

Pada hari Minggu, sejumlah media Israel juga mengeluarkan artikel yang mengecam tindakan Kerry yang melakukan pertemuan di Paris pada hari Sabtu dengan menteri luar negeri Turki dan Qatar, dan tidak adanya perwakilan dari Israel, Otoritas Palestina dan Mesir.

“Draft yang diteruskan bukan usulan Kerry tapi draft terbaru dalam seri yang muncul dari diskusi antara sejumlah pihak, yang mengakomodir komentar dan masukan, bukan untuk penolakan atau penerimaan,” kata pejabat senior.

Sebelumnya pada Minggu, harian Haaretz menerbitkan “rancangan rahasia” dari apa yang dikatakan usulan gencatan senjata Amerika. Teks ini menyerupai elemen kunci dari proposal sebagaimana diuraikan oleh sumber Arab untuk The Times of Israel Jumat.

Apa yang dia gambarkan adalah “rancangan Kerry,” kata pejabat AS: “Dokumen itu sepenuhnya konsisten dengan usulan Mesir dan lebih maju dari perjanjian gencatan senjata November 2012 setelah Operasi Pillar of Defense, yang tidak membahas masalah keamanan. “Dia menambahkan:” Selain itu, dokumen ini bukan usulan AS. Proposal ini mencerminkan porsi yang baik untuk demiliterisasi dan rekonstruksi Gaza yang merupakan agenda penting yang akan mengikuti perundingan, lalu diikuti gencatan senjata.”

John Kerry bertemu di Paris dengan menteri luar negeri Qatar dan Turki tidak untuk mengecualikan pihak lain dari diskusi, melainkan karena alasan praktis, kata pejabat senior.
Menteri Luar Negeri AS John Kerry, ketiga dari kiri, berdiri dengan (dari kiri,),Menteri Luar Negeri Qatar Khaled al-Attiyah, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Menteri Luar Negeri Italia Federica Mogherini setelah pertemuan  mengenai gencatan senjata antara Hamas dan Israel di Gaza, Sabtu 26 Juli, 2014, di Kementerian Luar Negeri di Paris, Prancis. (Credit foto: AP / Charles Dharapak)Menteri Luar Negeri AS John Kerry, ketiga dari kiri, berdiri dengan (dari kiri,),Menteri Luar Negeri Qatar Khaled al-Attiyah, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Menteri Luar Negeri Italia Federica Mogherini setelah pertemuan mengenai gencatan senjata antara Hamas dan Israel di Gaza, Sabtu 26 Juli, 2014, di Kementerian Luar Negeri di Paris, Prancis. (Credit foto: AP / Charles Dharapak)

“Kami juga percaya bahwa untuk mendapatkan gencatan senjata yang diterima oleh kedua pihak, sangat penting untuk berbicara dengan negara-negara yang memiliki pengaruh kuat yang komunikasi dengan Hamas. Itu juga memiliki manfaat kuat untuk melibatkan pendukung kunci Hamas dalam upaya mencapai gencatan senjata dengan persyaratan yang dapat diterima Israel dan Amerika Serikat.”

Kerry mengunjungi Kairo, Yerusalem dan Ramallah, kata pejabat senior, dengan alasan sekretaris negara tetap “kontak dan berkomunikasi konstan dengan para pejabat Israel, Otoritas Palestina dan Mesir untuk menjaga mereka up to date dan mendapatkan masukan dari semua diskusi.”

Rancangan usulan gencatan senjata “tidak ada hubungannya dengan memuaskan tuntutan Hamas dan memang tidak ada prasyarat baru untuk gencatan senjata yang ditambahkan ke proposal inisiatif Mesir,” kata pejabat senior itu. “Sebaliknya draft itu adalah tentang membangun kemampuan untuk menyampaikan pesan yang jelas dan untuk menerima respon.”

Banyak laporan di media Israel tentang inisiatif Amerika entah akurat atau tidak, berisi “pernyataan panas” atau salah mengartikan strategi dan motivasi John Kerry. Beberapa artikel tentang John Kerry termasuk “hominem iklan dan serangan serampangan pada dirinya, bahkan ada yang lebih jauh menuduhnya sebagai Pengkhianatan terhadap negara sekutu kami Israel, yang menurut pikiran saya, itu sangat ofensif,” katanya.

“Sepanjang konflik ini, Presiden Obama dan Sekretaris Kerry memiliki semangat penuh dan tegas dalam membela hak Israel untuk membela diri, termasuk mengambil tindakan untuk mencegah dan menanggapi serangan roket dan berurusan dengan ancaman yang ditimbulkan oleh terowongan,” kata pejabat itu. “Mereka telah menetapkan Hamas bertanggung jawab atas konflik ini dan menempatkan kesalahan kepada Hamas karena menolak proposal gencatan senjata yang telah diterima Israel”.[JKGR]

  ★ timesofisrael  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...