Jumat, 24 Februari 2017

Satkopaska Unjuk Kemampuan Bersama Pasukan Khusus 6 Negara

Satkopaska Koarmatim [wartasas]

TNI-AL mengirimkan 1 tim Kopaska untuk melaksanakan latihan bersama dengan pasukan khusus Special Operation Force (SOF) yang berasal dari 7 Negara Partisipan Latma Multinational AMAN 2017 antara lain Pasukan Khusus dari Pakistan, China, Maldives, Srilanka, Turki, Malaysia dan Indonesia. Latihan ini diselenggarakan tanggal 10 s.d. 14 Februari di Pakistan Navy Ship (PNS) IQBAL, Karachi. Selasa, (14/02/2017).

Memasuki hari kedua tanggal 11 Februari 2017 tim Kopaska dari Indonesia yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Sadarianto melaksanakan Demo Maritime Counter Terrorism dengan SSGN. Latihan diawali dengan aksi manuver small boat Unit, Fast Rope melalui Helikopter Sea King, Free Fall dari pesawat Fokker, pertempuran jarak dekat sampai dengan membawa sandera ke tempat yang aman ditampilkan oleh Tim Kopaska TNI AL dan Tim Special Service Group Navy (SSGN) Pakistan.

Beberapa latihan yang dilaksanakan antara lain : menembak sniper, menembak reaksi dan menembak transisi dengan senjata pistol dan laras panjang, serta latihan Close Quarter Combat (CQC). Seluruh rangkaian latihan ini dilaksanakan di lapangan tembak PNS HIMALAYA. Sedangkan untuk Final Exercise Counter Terroris Operation, para pasukan khusus berlatih dengan menggabungkan personil dengan negara peserta lainnya. Dengan latihan bersama tersebut, diharapkan dapat mempererat hubungan SOF antar negara peserta dan terlatihnya kemampuan dibidang Counter Terrorism And Piracy Operation.

Pada malam sebelum penutupan latihan, diadakan acara makan malam bersama seluruh peserta SOF dan EOD yang dihadiri oleh Komandan Marinir Pakistan kemudian dilanjutkan pemberian cinderamata kepada para perwakilan negara peserta latihan.

(Dispenarmatim)
 

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...