Buatan Dalam Negeri KCR 60 produksi PT PAL Indonesia ★
Indonesia sebagai daerah maritim membutuhkan alat transportasi penghubung antar pulau. Terlebih, sebagian besar wilayahnya perlu dijaga, sebab menyangkut masalah batas wilayah, keamanan, dan keutuhan wilayah.
Untuk itu, PT PAL Indonesia sebagai salah satu industri strategis yang dikenal sebagai penghasil kapal-kapal andalan dalam negeri, harus mampu menjawab tantangan keamanan wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan.
Setelah berhasil dengan Fast Patrol Boat 57 atau dikenal sebagai FPB-57, PT PAL kembali ditunjuk pemerintah untuk memproduksi kapal perang bagi TNI AL.
Menjawab kebutuhan ini, PT PAL Indonesia meningkatkan inovasi di dunia kapal militer dengan menciptakan Kapal Cepat Rudal 60 (KCR 60), yang merupakan penerus kapal FPB-57. Sebagai informasi, FPB-57 adalah kapal yang dibangun di Jerman dan telah digunakan kurang lebih 15 tahun oleh TNI.
Angka 60 merujuk pada panjang utuh kapal yakni 60 meter. Dengan lebar 8,1 meter, tinggi geladak 4,85 meter, sarat air 2,6 meter, dan berat total 460 ton, kapal ini mampu menampung kru sebanyak 55 orang.
Sebagai armada pengembangan dari FPB-57, KCR-60 memiliki banyak keunggulan dari pendahulunya. Salah satunya adalah segi interior yang sudah sangat modern dan minimalis, walaupun untuk fungsi tempur.
"Dari awal pembuatan, kami berkomunikasi dengan TNI AL. Kapal apa yang mereka butuhkan. Maka lahirlah KCR-60 ini," ujar Dr. Ir. M. Zaed Yuliadi M.Sc., Kepala Divisi Teknologi PT PAL Indonesia seperti dikutip Sumber Inspirasi Indonesia: 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa, terbitan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Sabtu (10/9/2016).
Kandungan lokal KCR-60
KCR-60 dalam tahap finalisasi sebelum melaut (istimewa)
Kandungan lokal yang dimiliki armada ini juga cukup besar. Mesin kemudinya dibuat oleh Pindad. Begitu pula dengan pelat-pelat yang digunakan, mebel untuk interior, serta pendingin ruangan. Semuanya sudah memakai produk dalam negeri.
Mesin kapal ini diklaim sangat efisien bahan bakar, namun tetap mampu menghasilkan tenaga sesuai yang diharapkan. Kecepatan maksimalnya mencapai 28 knots.
KCR-60 juga sudah didesain untuk hentakan senjata. Jadi, ketika menembakkan senjata dari atas kapal, posisinya tetap stabil. Bentuk lambung kapal yang bagus dan stabil, model, serta siluetnya, membuat TNI AL merasa cocok dengan KCR-60 ini.
Meski semua proses produksi dikerjakan di Indonesia, PT PAL tetap mendapat pengawalan dan pengawasan ketat dalam proses produksi oleh Satgas KCR-60 dari TNI AL dan Biro Klasifikasi Indonesia. Karena itu, kualitas dan keamanan KCR-60 bisa terjamin.
Saat ini ada tiga unit KCR-60 yang beroperasi untuk mengamankan laut nusantara, yaitu KRI Halasan-630 untuk armada wilayah barat, serta KRI Sampari-628 dan KRI Tombak-629 untuk armada wilayah timur. Kapal ini diharapkan dapat memperkuat armada kapal Indonesia. (Dam/Why)
Indonesia sebagai daerah maritim membutuhkan alat transportasi penghubung antar pulau. Terlebih, sebagian besar wilayahnya perlu dijaga, sebab menyangkut masalah batas wilayah, keamanan, dan keutuhan wilayah.
Untuk itu, PT PAL Indonesia sebagai salah satu industri strategis yang dikenal sebagai penghasil kapal-kapal andalan dalam negeri, harus mampu menjawab tantangan keamanan wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan.
Setelah berhasil dengan Fast Patrol Boat 57 atau dikenal sebagai FPB-57, PT PAL kembali ditunjuk pemerintah untuk memproduksi kapal perang bagi TNI AL.
Menjawab kebutuhan ini, PT PAL Indonesia meningkatkan inovasi di dunia kapal militer dengan menciptakan Kapal Cepat Rudal 60 (KCR 60), yang merupakan penerus kapal FPB-57. Sebagai informasi, FPB-57 adalah kapal yang dibangun di Jerman dan telah digunakan kurang lebih 15 tahun oleh TNI.
Angka 60 merujuk pada panjang utuh kapal yakni 60 meter. Dengan lebar 8,1 meter, tinggi geladak 4,85 meter, sarat air 2,6 meter, dan berat total 460 ton, kapal ini mampu menampung kru sebanyak 55 orang.
Sebagai armada pengembangan dari FPB-57, KCR-60 memiliki banyak keunggulan dari pendahulunya. Salah satunya adalah segi interior yang sudah sangat modern dan minimalis, walaupun untuk fungsi tempur.
"Dari awal pembuatan, kami berkomunikasi dengan TNI AL. Kapal apa yang mereka butuhkan. Maka lahirlah KCR-60 ini," ujar Dr. Ir. M. Zaed Yuliadi M.Sc., Kepala Divisi Teknologi PT PAL Indonesia seperti dikutip Sumber Inspirasi Indonesia: 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa, terbitan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Sabtu (10/9/2016).
Kandungan lokal KCR-60
KCR-60 dalam tahap finalisasi sebelum melaut (istimewa)
Kandungan lokal yang dimiliki armada ini juga cukup besar. Mesin kemudinya dibuat oleh Pindad. Begitu pula dengan pelat-pelat yang digunakan, mebel untuk interior, serta pendingin ruangan. Semuanya sudah memakai produk dalam negeri.
Mesin kapal ini diklaim sangat efisien bahan bakar, namun tetap mampu menghasilkan tenaga sesuai yang diharapkan. Kecepatan maksimalnya mencapai 28 knots.
KCR-60 juga sudah didesain untuk hentakan senjata. Jadi, ketika menembakkan senjata dari atas kapal, posisinya tetap stabil. Bentuk lambung kapal yang bagus dan stabil, model, serta siluetnya, membuat TNI AL merasa cocok dengan KCR-60 ini.
Meski semua proses produksi dikerjakan di Indonesia, PT PAL tetap mendapat pengawalan dan pengawasan ketat dalam proses produksi oleh Satgas KCR-60 dari TNI AL dan Biro Klasifikasi Indonesia. Karena itu, kualitas dan keamanan KCR-60 bisa terjamin.
Saat ini ada tiga unit KCR-60 yang beroperasi untuk mengamankan laut nusantara, yaitu KRI Halasan-630 untuk armada wilayah barat, serta KRI Sampari-628 dan KRI Tombak-629 untuk armada wilayah timur. Kapal ini diharapkan dapat memperkuat armada kapal Indonesia. (Dam/Why)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.