Minggu, 26 Mei 2013

AS, Australia fokus pada pertahanan Asia-Pasifik

Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith mengatakan, dengan penarikan tentara dari Afghanistan tahun depan, Australia akan memfokuskan perhatian lebih besar ke Asia Pasifik.

Menhan Smith berada di Washington, dimana ia telah melangsungkan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Amerika, Chuck Hagel.

Ia mengatakan pada program Newsline di Australia Network, pembicaraan itu berfokus pada berbagai issue antara lain penarikan tentara dari Afghanistan - yang dikatakannya akan memberi Australia fokus baru di kawasan.

"Fokus segera kita adalah Pasifik Selatan dan Timor Leste, dan juga Asia Tenggara," katanya.

"Dengan penarikan tentara dari Afghanistan, kini kita mempunyai kesempatan untuk meningkatkan pelatihan dan kerjasama dengan Asia Pasifik dan Asia Tenggara, dan itu akan sangat penting sementara kita melangkah ke depan."

Smith melakukan kunjungan itu menyusul Buku Putih Pertahanan 2013, yang menjelaskan prioritas strategis yang berfokus pada kawasan Asia Pasifik.

Ia mengatakan, Amerika Serikat juga sedang mengkaji keterlibatannya dengan "busur Asia Pasifik", yang merentang dari pesisir Pasifik Amerika Serikat - dari Hollywood sampai ke Bollywood.

"Ini mencerminkan fakta bahwa kita tidak hanya melihat dua negara besar - Amerika Serikat dan Cina, tapi di masa depan kita akan melihat tiga negara besar - Amerika Serikat, Cina dan India."

Kunjungan Smith ke Amerika Serikat itu menyusul pembicaraan baru-baru ini dengan para pemimpin militer Pasifik di Tonga, yang oleh sebagian analis diduga mungkin bertujuan menghadapi pengaruh Cina yang semakin besar di kawasan.Dikatakannya, spekulasi itu terlalu berlebihan.

  Radio Australia  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...