Sabtu, 01 Juni 2013

AS Berjanji Mempermesra Hubungan Militer dengan Indonesia

Chuck HagelSINGAPURA--Amerika Serikat ingin meningkatkan kerja sama militernya dengan Indonesia. Komitmen itu disampaikan Menteri Pertahanan Chuck Hagel di Singapura Jumat setelah bertemu dengan timpalannya Menhankam Purnomo Yusgiantoro.

"Kedua pemimpin menegaskan kembali pentingnya memperdalam hubungan (dan) meninjau kemajuan yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan latihan dan pelatihan, serta dialog kebijakan pertahanan reguler," kata juru bicara Pentagon George Little setelah pertemuan.

Kedua menteri pertahanan bertemu di sela-sela forum keamanan tahunan di Singapura, Dialog Shangri-La, yang diselenggarakan Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London.

Hagel mengingatkan pentingnya menghormati hak asasi manusia sebagai prasyarat untuk hubungan militer lebih dalam dan "membahas dukungan Amerika untuk modernisasi militer Indonesia, termasuk melalui penjualan peralatan militer luar negeri AS," kata Little.

AS berkepentingan dalam meningkatkan hubungan militer dengan Indonesia sejalan dengan "poros" strategis Presiden Barack Obama, atau pergeseran strategis, ke wilayah Pasifik. Kebijakan itu diumumkan pada Januari 2012 setelah satu dekade perang di Afghanistan dan Irak.

Obama, yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia, menempatkan prioritas dalam periode pemerintahannya untuk membangun hubungan dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, yang dengan cepat memeluk demokrasi sejak tahun 1990-an.

Sementara beberapa ahli melihat hubungan menghangat lebih retoris daripada substantif. Amerika Serikat dinilai meningkatkan hubungan dengan militer, terutama dengan Indonesia didorong kekhawatiran sebelumnya terhadap catatan hak asasi manusia unit pasukan khusus.

  Republika  

2 komentar:

  1. Hati2... Ada udang dibalik rempeyek...

    Jangan gampang menerima bujukan halus Amrik... Sdh banyak negara porak poranda akibat campur tangan Amrik...

    BalasHapus
  2. menurukku, amerika serikat mendekat ke indonesia dan berusaha meningkatkan hubungan militer dengan indonesia tidak lain karena kebutuhan ekonomi siasat semata. karena mereka tau betul kalau saat ini lagi giat-giatnya militer indonesia memperkuat diri. amerika sendiri menganggap ini sebuah kesempatan besa untuk menarik simpatik pemimpin indonesia untuk membeli peralatan militer yg mereka produksi. dengan begitu mereka akan memperoleh keuntungan ganda di mana :
    1. target penjualan peralatan keluar negeri terpenuhi,
    2. mereka akan lebih mudah mengontrol militer indonesia jika suatu saat terjadi konfrontasi dengan embargo, karena sebagian besar alutsista indonesia adalah produk buatan amerika.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...