Minggu, 21 Juli 2013

Selayang Pandang Sby-591

Sebagai kapal kelas LPD Commando yang juga secara un-officially telah dicap sebagai kapal protokoler, KRI SBY-591 memiliki fasilitas akomodasi yang cukup memadai dengan kualitas yang dapat dikatakan sudah termasuk kelas mewah / luxury. Fasilitas yang disediakan tersebut meliputi ruang Super VIP, ruang VVIP, ruang VIP, Multimeeting Room, Officer Dining Room, Sattellite Communication Room, Ruang Pasukan, Helly Deck, Car Deck dan Tank Deck.

Ruang Super VIP terdiri atas ruang tidur dan ruang tamu yang terpisah yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan ruang pantry (Steward Room) sedangkan ruang VVIP dan ruang VIP tidak memiliki ruang tamu dan tidak dilengkapi dengan ruang pantry.

Multi Meeting Room
Multimeeting Room merupakan ruang serba guna yang dilengkapi dengan fasilitas karaoke dan bar sedangkan Officer Dining Room adalah ruang makan untuk para tamu VIP dan perwira kapal. Sebenarnya Multimeeting Room dan Officer Dining Room ini dapat digabung menjadi satu ruangan dengan melipat pembatas foldable yang memisahkan kedua ruangan ini sehingga dihasilkan sebuah ruangan besar yang dapat digunakan untuk seminar yang bisa menampung 100 orang dengan nyaman.


Sattellite Communication Room sesuai dengan namanya merupakan ruang yang dilengkapi dengan peralatan elektronik yang memungkinkan diselenggarakannya komunikasi via satelit secara langsung. Adapun fasilitas yang dapat disediakan adalah fasilitas untuk menyelenggarakan teleconference, telefon satelit, dan akses internet.

Officer Dining Room
Ruang Pasukan terdiri atas ranjang-ranjang 2 tingkat yang dapat dihuni oleh 351 orang pasukan dengan nyaman.

Helly Deck merupakan geladak untuk tempat mendaratnya helikopter yang mampu mendaratkan 2 helikopter dan mampu memuat 3 helikopter. Sedangkan Tank Deck dan Car Deck sesuai dengan namanya adalah geladak untuk memuat tank (kendaraan tempur), kendaraan taktis, maupun kendaraan-kendaraan non-tempur sebagai pendukung kegiatan protokoler yang diembankan.

Riwayat Singkat

Tank Deck (telah didekorasi untuk dinner)
KRI Surabaya-591 adalah kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) tipe Commando buatan Korea Selatan yang masuk ke jajaran TNI-AL pada September 2007 dan dikukuhkan sebagai Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) pada 14 Maret 2008. Nama “Surabaya” diambil dari nama ibu kota Propinsi Jawa Timur yang merupakan kota terbesar ke-2 di Indonesia, sebagai penghargaan atas nilai historisnya.

Tugas Pokok

Tugas Pokok KRI Surabaya-591 yang disingkat menjadi KRI SBY-591 adalah sebagai kapal angkut personel, kendaraan tempur, kendaraan pendarat, kendaraan taktis komando dan angkut helikopter yang memiliki kemampuan Docking-Undocking untuk memproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui wahana apung Landing Craft Utility (LCU) dimana semua komando dan pengendalian satuan tugas bermarkas di kapal ini.

Data Teknis


  • Panjang Keseluruhan (LOA) : 122 meter
  • Lebar : 22 meter
  • Berat Kosong : 4.500 ton
  • Displacement : 7.300 ton
  • Kecepatan (Eko/Jelajah/Max) : 12/14/17 knots

Platform Pendukung


Dua unit LCU dengan spesifikasi :

  • Panjang (LOA) : 23,06 meter
  • Lebar : 5,9 meter
  • Kecepatan : 10 knots
  • Jarak Jelajah : 300 Nm

  ● Sby591  

2 komentar:

  1. Kenapa di kapal perang mesti ada ruang-ruang VIP-VVIP segala, apakah tidak mengganggu operasional kapal perang tersebut? dilihat dari interior ruang2 tersebut juga nampak tidak ergonomis, terkesan mewah dan glamor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan Kapal ini fungsinya multirole gan ..selain untuk perang, juga dapat digunakan sebagai kapal protokoler/VVIP ataupun untuk angkutan ... smoga menjawab pertanyaannya ..gan

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...