Kamis, 12 Mei 2016

Jokowi Akan Bahas Pembelian Jet Sukhoi Saat di Rusia

"Jika proses kontrak dan pembelian sudah selesai, barulah diumumkan"Ilustrasi Su 35 Russia [sputnik] 

Direktur Hubungan Eropa Tengah dan Timur Kementerian Luar Negeri, Witjaksono Adji mengatakan, salah satu rencana pembicaraan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Sochi, Rusia adalah soal pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista), khususnya jet tempur Sukhoi.

"Terkait pembelian alutsista masih berjalan proses pembahasannya. Pembelian pesawat Sukhoi ada kemungkinan diangkat pada saat (pertemuan) bilateral," kata Witjaksono, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Kamis, 12 Mei 2016.

Kendati demikian, Witjaksono masih belum bisa mengonfirmasi apakah pada saat pertemuan nanti akan terjadi suatu pengumuman kerja sama pembelian alutsista. "Jika proses kontrak dan pembelian sudah selesai, barulah diumumkan," tuturnya.

Pada 18 Mei, Presiden Jokowi bersama rombongan akan berangkat ke Sochi, Rusia dari Korea Selatan dan langsung melakukan pertemuan bilateral dengan kepala negara negeri Beruang Putih itu.

Sejumlah menteri yang akan ikut mendampingi Jokowi adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani.

Keesokan harinya, digelar Pertemuan Tingkat Tinggi Rusia dan ASEAN, di mana Putin akan menerimakan 10 kepala negara kawasan ASEAN untuk lebih lanjut membahas kerja sama dan hubungan bilateral dalam banyak sektor.
 

  Vivanews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...