Selasa, 10 Mei 2016

TNI AU dan AU Singapura gelar latihan bersama

Di Pekanbaru TNI AU dan Angkatan Udara Singapura menggelar latihan bersama yang dipusatkan, di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin, di Pekanbaru pada 10-16 Mei 2016.

"Latihan bersama TNI AU dan Singapura itu berlangsung selama seminggu dan melatih satuan helikopter," kata Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Hendri Alfiandi, di Pekanbaru, Senin.

TNI AU memiliki beberapa forum latihan bersama rutin dengan negara tetangga. Di antaranya Elang Indopura (Indonesia-Singapura), Elang Maphilindo (Malaysia, Filipina, Indonesia), Elang Thainesia (Thailand-Indonesia), dan Elang Aussindo (Australia-Indonesia).

Menurut dia, latihan udara bersama dengan negara lain memang rutin dilaksanakan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin karena lokasinya dinilai paling ideal.

Ia mengatakan tujuan dari latihan bersama itu untuk meningkatkan kemampuan para penerbang, kerja sama antar-angkatan udara, dan mempererat hubungan baik kedua negara yang selama ini terjalin.

"Tidak ketinggalan tujuan latihan gabungan ini berkaitan dengan diplomasi dan mempererat kerja sama TNI dan Singapura," ujarnya.

Di Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin terdapat dua skadron jet tempur, yakni Skadron Udara 1 berintikan Hawk 100/200 dan Skuadron Udara 16 berintikan F-16 Block 52ID Fighting Falcon.

  antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...